Kota Solok, Humas--Sebagai salah satu KUA Revitalisasi di Kota Solok, KUA Lubuk Sikarah telah melakukan pelayanan secara digital sehingga mempermudah administrasi, dan memungkinkan masyarakat untuk mengakses layanan publik secara mandiri dan dimana saja melalui alat elektronik.
KUA Lubuk Sikarah memiliki sejumlah aplikasi layanan dalam transformasi digital diantarnya adalah layanan daftar tamu, layanan pendaftaran nikah online, layanan bimbingan perkawinan, layanan WA yang mengakses berbagai informasi layanan secara digital، layanan bacaan mandiri Calon Pengantin dan Layanan Indek Kepuasan Masyarakat atas KUA
Kepala KUA Lubuk Sikarah, Rinaldi, memaparkan bahwa optimalisasi layanan digital ini telah dilaksanakan mulai bulan Januari 2023 sampai sekarang. “Melalui digitalisasi layanan telah memberikan efisiensi dalam pemanfaatan kertas, waktu layanan lebih singkat dan efektif dalam memanfaatkan teknologi yang setiap pengunjung KUA telah mamiliki Alat untuk mengakses aplikasi tersebut,” ujarnya
Sebelumnya, Mustafa, Kepala kantor Kementerian Agama Kota Solok, menyampaikan Kemenag akan berkomitmen untuk terus mendukung dan mendorong inovasi serupa di kedua KUA di Kota Solok, guna memastikan bahwa setiap warga Kota solok dapat menikmati pelayanan yang efisien, mudah diakses, dan berkualitas tinggi
“Kami berharap bahwa kesuksesan KUA Lubuk Sikarah dalam menerapkan sistem digital ini dapat menjadi inspirasi bagi KUA lainnya di seluruh Indonesia. Digitalisasi bukan hanya sekadar penggunaan teknologi, tetapi juga merupakan langkah strategis untuk memperbaiki kualitas layanan publik dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi Masyarakat,” harapnya.
Dikesempatan yang sama, Eka, staf KUA Lubuk Sikarah mengataka, setiap tamu di KUA lubuk Sikarah selalu diarahkan kepada layanan digital sehingga WA KUA sangat membantu menjelaskan berbagai informasi yang akan ditanyakan oleh publik yang berurusan di KUA.
“Kami sangat senang dengan layanan di KUA yang memberikan informasi secara digital segala sesuatunya dan kami pun bisa menyampaikan kepada saudara saudara yang lain bila bertanya tentang informasi layanan di KUA ini,” Ujar Reza Mardhatillah salah seorang pengunjung di KUA Lubuk Sikarah.
Senada dengan itu, Novri Hutri, sebagai salah seorang penghulu yang mendesain fitur fitur layanan digital di KUA Lubuk Sikarah sangat bangga dengan pelayanan KUA secara digital sehingga pelayanan lebih berkualitas.
"Saya sangat senang dengan pelayan digital di KUA ini sehingga administrasi lebih mudah dan menyenangkan serta kualitas pelayanan akan bisa dirasakan apalagi sebagai KUA yang sudah direvitalisasi di kota solok," ujarnya. (helda/krz)