Diikuti 3 Pasang Calon, Pemilu OSIM MAN 2 Solok Berjalan Lancar

Humas - Pasangan dengan nomor urut 3 Zul Azmi - Olanzi Rais Halim Nawafi meraih suara terbanyak 224 pada Pemilihan Umum (Pemilu) Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) yang berlangsung Kamis (26/9) dilapangan madrasah tersebut.


Tahapan Pemilu OSIM ini dimulai dengan pendaftaran dan tes akademik secara online, wawancara, debat kandidat dan pemberihan hak suara.


Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah ( OSIM) di MAN 2 Solok menjadi ajang para siswa untuk belajar berdemokrasi. Proses pemilihannya pun digelar layaknya pemilu. Beberapa atribut pendukung pemilu seperti daftar hadir pemilih, bilik suara, kotak suara, papan penghitungan, surat suara, petugas pemuli, dan tinta lengkap tersedia.

Sebelumnya, panitia pemillihan sudah melakukan agenda beberapa agenda seperti seleksi bakal calon, wawancara intensif, debat kandidat yang di laksanakan sehari sebelum pemilihan, kampanye 3 paslon pengurus OSIM periode 2024-2025. Tentu saja, ketiga paslon tesebut merupakan representasi siswa siswa terbaik di kelasnya dengan rekam jejak prestasi akademis dan ekskul yang baik.

Adapun nama nama paslon tersebut antara lain Alfi alzikra – Salsabila ( Paslon 1), Muhammad Zaki – Ahmad Aris ( Paslon 2 ), Zul Azmi – Olanzi Rais Halim Nawafi ( Paslon 3). Jumatral Selaku ketua panitia menjelaskan jumlah partisipan sebanyak 294 pemilih. Jumlah ini sebanding dengan jumlah surat suara yang tersedia. Data pemilih tersebut mencakup siswa , guru dan pegawai MAN 2 Solok.

Kepala MAN 2 Solok, H, Maidison, S.Pd turut mengapresiasi pemilihan OSIM masa bakti 2024-2025 sebagai ajang pendidikan berdemokrasi yang sehat. Menurutnya OSIM adalah satu satunya organisasi resmi yang ada di madrasah. Dengan menyandang prediket prestisius ini, maka pengurus OSIM harus bisa menjadi role model bagi organisasi ekskul ekskul lainnya dalam hal tata organisasi dan manajemen keorganisasian.

“ Buat para paslon yang terpilih, jalankan organisasi OSIM dengan penuh tanggung jawab. Jadilah pribadi yang berkarakter ( akhlakul karimah ) dengan menjunjung nilai santun, peduli, integritas, responsif, dan tanggung jawab. Buatlah target agar setiap program kerja yang dirancang dapat dirasakan dampaknya oleh semua warga madrasah.” Tegasnya.

Berdasarkan hasil perhitungan suara yang dilakukan oleh panitia, paslon urut 3 , Zul Azmi - Olanzi Rais Halim Nawafi meraih suara terbanyak 224. Paslon 2 , Alfi Azzikra – salsabila meraih suara 31 sementara paslon urut 2 Muhammad Zaki – Ahmad Aris meraih 30. Nel | Fendi


Editor: Fendi
Fotografer: Risfa Nelti