Diikuti 89 Siswa Baru MIN 2 Solok Gelar MATSAMA Tahun Pelajaran 2024/2025

Koto Baru, Humas - MIN 2 Solok gelar kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) untuk tahun pelajaran 2024-2025. Kegiatan ini merupakan masa orientasi atau kegiatan pertama masuk sekolah yang bertujuan untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal budaya kekhasan madrasah. Selasa (16/07).

Matsama Tahun Pelajaran 2024/2025 diselenggarakan selama tiga hari, mulai hari Selasa sampai hari kamis dengan ragam materi, yang diikuti oleh 89 Siswa Baru di halaman MIN 2 Solok Nagari Muaro Paneh Kecamatan Bukit Sundi.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-07-17 at 12.24.44.jpeg

Sri Juni Rahmadani, S.Pd.I selaku Koordinator masa ta’aruf siswa Madrasah menyampaikan melalui kegiatan ini siswa-siswi baru akan dikenalkan segenap kegiatan Madrasah, norma atau acuan nilai warga Madrasah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, sistem pembelajaran, ciri khas Madrasah (keunikan dan keunggulan) serta karakter dan tata tertib warga Madrasah.

“Setiap tahun ajaran baru, proses pembelajaran dalam setiap jenjang selalu diawali dengan masa orientasi atau pengenalan lingkungan Madrasah kepada siswa siswi baru. Kegiatan tahunan seperti ini dikenal dengan nama Masa Ta’arruf Siswa Madrasah,”ucapnya.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-07-17 at 12.24.44 (1).jpeg

Kepala Madrasah, Delmi Masnita, S.Pd.I, dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada seluruh siswa baru dan berharap Matsama ini dapat menjadi momen berharga untuk mengenal lebih dekat madrasah, lingkungan belajar, dan sistem pendidikan yang diterapkan di MIN 2 Solok.

"Melalui Matsama ini, kami ingin menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap madrasah, serta memupuk jiwa kebersamaan dan kekompakan di antara para siswa baru,"ujar Kepala madrasah yang ramah ini.

Selain itu, Kamad Juga menyampaikan Matsama merupakan momentum menyampaikan visi dan misi MIN 2 Solok kepada peserta didik baru yang menghajatkan peserta didik menjadi pribadi-pribadi yang memiliki karakter Islami, berprestasi dan mandiri.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-07-17 at 12.23.06.jpeg

“MATSAMA bertujuan untuk mengenal lingkungan Madrasah dan membentuk karakter anak-anak dengan materi yang disampaikan Bapak Ibu Guru. Selain itu, kegiatan Matsama bertujuan untuk menumbuh perasaan cinta dan bangga belajar di madrasah, serta mengembangkan kreativitas dan disiplin peserta didik yang cerdas dan berakhlakul karimah,” ungkap Delmi.

Bertepatan dengan Kunjungan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM didampingi Kasi Penmad, Lizi Virma Surianti, M.Si dalam monev awal semester gasal di MIN 2 Solok berpesan menyampaikan beberapa harapan kepada siswa baru, antara lain: Memiliki akhlak yang mulia dan terpuji, bersemangat dalam belajar dan berprestasi, menjadi siswa yang disiplin dan taat aturan dan menjaga nama baik Madrasah.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-07-17 at 12.22.34.jpeg

Selain itu Kakankemenag juga berpesan kepada siswa baru agar memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya selama di madrasah untuk menimba ilmu dan pengalaman.

“Masa ini adalah masa yang tepat untuk menanamkan pondasi ilmu dan karakter yang kuat. Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk belajar dan berprestasi,” ujarnya.

Adapun Pemateri MATSAMA di MIN 2 Solok oleh Kepala Madrasah tentang Visi, misi, fasilitas dan perkenalan tenaga pendidik dan Materi Nilai Nilai Madrasah tentang Ibadah, tata tertib, akhlak kepada guru, teman dan orang tua dan cara menyesuaikan diri dg lingkungan yang disampaikan oleh Sri Juni Rahmadani, S.Pd.I (Koirdinator Madrasah), Desi Farida Zarmi, S.Pd.I (Guru Fiqih), Dwinda Comala (Guru Akidah Akhlak )serta Materi Madrasahku Syorgaku, Anti kekerasan, Bulliying, Bahaya Narkoba, Merokok dan ingkar janji oleh Beni Candra, S.Pd.I (Guru PJOK) dan Lucky Maelani, S.Pd (Guru PJOK).

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-07-17 at 12.22.34 (1).jpeg

Dan Tentang Moderasi Beragama, Pancasila UUD dan NKRI, Toleransi tanpa perbedaan, Budaya dan kebiasaan di Madrasah, Pola hidup bersih, sehat dan halal di Madrasah, Sikap jujur, disiplin dan tanggung jawab, Mental Tangguh dan berperestasi oleh Guru kelas 1, Desria Arnida.S.Pd, Deswira.S.Pd dan Loly Marlina, SE.

Matsama MIN 2 Solok bertujuan untuk membantu siswa baru dalam beradaptasi dengan lingkungan madrasah yang baru, mengenalkan visi, misi, dan program madrasah, menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap madrasah, memupuk jiwa kebersamaan dan kekompakan di antara para siswa baru. Memberikan motivasi belajar kepada para siswa baru. N.DY


Editor: Nofri Hendri
Fotografer: Nofri Hendri