Diikuti Siswa SD dan MI, MTsN 4 Solok Gelar Akselerasi Ke IV

Koto Baru, Humas - Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli, S.Ag, MM membuka Ajang Kreatifitas Seleksi Aktualisasi Antar Siswa (Akselerasi) IV MTsN 4 Solok di kampus madrasah yang terletak jalur utama lintas sumatera kawasan timur pinggiran danau singkarak. Rabu (21/02).

Hadir dalam acara tersebut Komite Madrasah, H. Pakiah Syarifudin Jaya, Wali Nagari Kacang, Andrian Dt. Rajo Batuah, Ketua BPN Kacang, Maspairil, Kepala Sekolah Dasar/ Madrasah Ibitidaiyah Swasta dan Bapak/Ibu Pendamping serta seluruh warga MTsN 4 Kacang.

Pembukaan acara diawali dengan pembacaan Wahyu Illahi dan Sari Tilawah oleh siswi MTsN 4 Solok, serta tari pasambahan dan tari kreasi yang merupakan ekstrakurikuler MTsN 4 Solok juga dimeriahkan dengan penampilan tahfidz Al Qur’an.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli yang membuka kegiatan ini menyampaikan madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam hadir untuk menjawab tantangan 3T ditengah gencarnya perkembangan teknologi saat ini.

“3T itu terdiri dari Terbina Ibadahnya, Terbina Akhlaknya dan Terampil. Ini akan menjadi modal penting bagi siswa madrasah kedepannya untuk menjadi individu yang berilmu, beriman, dan cakap keahlian,” urai Kakankemenag.

Diuraikan Kakankemenag, sebagai lembaga pendidikan berbasis agama, maka pembinaan ibadah dan akhlak menjadi prioritas utama di madrasah. ini akan menjadi tantangan bagi tenaga pendidik dan kependidikan nantinya.

Sedangkan keterampilan dan keahlian sebagaimana juga digariskan dalam kurikulum merdeka merupakan salah satu sasaran akhir dan output lulusan madrasah kedepannya untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Menutup sambutannya, Kakankemenag berharap, para siswa SD dan MI yang menjadi utusan sekolah masing-masing dalam ajang ini akan mengajak teman-temannya untuk menimba ilmu dan menjadi keluarga besar MTsN 4 Solok nantinya dan untuk Siswa yang tamat dari madrasah untuk selalu menjaga nama baik madrasah ini.

Sebelumnya dalam sambutan Kepala MTsN 4 Solok, Dra. H. Nurhayati, MM mengucapkan terimakasih banyak kepada undangan yang telah hadir pada acara pembukaan kegiatan ini sekaligus menyampaikan bahwa Akselerasi yang diikuti oleh siswa SD dan MI se dari kecamatan X Koto Singkarak ini berlangsung sehari dengan cabang lomba Futsal, Ranking Satu, Lomba Azan, dan Tahfizh.

“Ini merupakan kali keempat MTsN 4 Solok menggelar Akselerasi dan menjadi agenda rutin setiap tahun dalam rangka memperkenalkan madrasah ini kepada siswa SD dan MI di sekitar Kecamatan X Koto Singkarak,” ujar Nurhayati.

Sementara itu, Ketua Panitia AKSELERASI Ke-IV, Yospiardi, S.Ag menyebutkan untuk tahun ini MTsN 4 Solok kembali mengundang SD dan MI untuk berpartisipasi sekaligus meraih prestasi. Adapun rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan adalah beberapa cabang perlombaan yaitu lomba Futsal, Ranking Satu, Lomba Azan dan Tahfizh.

Keluar sebagai juara umum pada akselerasi keempat ini SDN 26 Singkarak, sedangkan untuk Lomba Rengking I, Juara I Arif Rahman Hakim SDN 14 Singkarak dan Juara II Nadya Alissa Azahra SDN 26 Singkarak. Lomba Azan, Juara 1 Abdul Aziz SDN 02 Kacang, Juara 2 Alwi Hassif SDN 26 Singkarak dan Juara 3 Fatha Ras Ahmad SDN 09 Kacang.

Lomba Tahfidz, Juara 1 Khanza Khairunnisa SDN 09 Kacang, Juara 2 Azzam Muhammad Akbar SDN 15 Kacang dan Juara 3 Syahrino Hanifah SDN 26 Singkarak. Terakhir Lomba Futsal, Juara 1 SDN 36 Kacang dan Juara 2 SDN 15 Kacang. N.DY


Editor: N.DY
Fotografer: N.DY