Dirzawa Kemenag RI Kunjungi Lokasi Bencana di Sumatera Barat

Agam, Humas--Dalam rangka agenda konsolidasi bantuan zakat dan pemetaan wakaf terdampak kebencanaan Sumatera Barat, khususnya di wilayah Bukittinggi, Agam dan Tanah Datar. Maka hari ini Sabtu (18 /05) Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI, Prof. Dr. Waryono Abdul Ghafur didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat diwakili Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, H. Yufrizal melakukan kegiatan kunjungan ke lokasi bencana. 

Menurut Dirzawa, Prof. Dr. Waryono Abdul Ghafur kegiatan ini juga untuk meningkatkan koordinasi Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama bersama Kanwil Provinsi Sumatera Barat, UIN Imam Bonjol, BAZNAS Provinsi Sumatera Barat, BAZNAS Kab Kota dan Lembaga Amil Zakat, BWI Provinsi yang akan diselenggarakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (18-19/ 05). 

“Kami hadir di Sumatera Barat ikut berpartisipasi dan berempati kepada korban bencana di Sumbar, mudah mudahan bantuan yang kami berikan ini bermanfaat dan masyarakat yang terkena msuibah diberi ketabahan dan kekuatan oleh Allah, SWT,” ujarnya saat menyerahkan bantuan yang diterima langsung oleh Sekda Kab. Agam.  

Senada disampaikan Kakanwil diwakili Kabid Penais Zawa, H. Yufrizal, “Semoga bantuan yang diberikan dapat membantu dan meringankan beban korban bencana. Bantuan ini berbentuk barang dengan mitra kerjasama kemenag, kemudian ada juga bantuan dari sejumlah LAZ yg ada”.

Ia menambahkan, “kondisi  di lapangan saat ini, BPBD, Pemda dan para relawan masih terus bekerja membersihkan sisa-sisa bencana”.

Dalam kesempatan tersebuttTurut hadir Rektor UIN Imam Bonjol, Prof. Dr. Hj. Martin Kustati yang juga menyerahkan bantuan untuk mahasiswa UIN Imam Bonjol yang menjadi korban bencana.

Usai dari Kab. Agam rombongan yang terdiri dari Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf bersama tim Ditzawa, Kepala Kantor Wilayah Provinsi Sumatera Barat diwakili Kabid Penais Zawa, Rektor UIN Imam Bonjol diwakili Kabag keuangan UIN Imam Bonjol Padang, Ketua Tim Kerja Pemberdayaan Zakat Kanwil Kemenag Sumbar dan Ketua FOZWIL Sumbar bertolak ke lokasi bencana selanjutnya yaitu Kab. Tanah Datar untuk mengunjungi dan memberikan bantuan ke BPBD tanah datar. 

Sesampai di lokasi ke dua yaitu Kab. Tanah Datar, rombongan disambut oleh Sekda, Kajari dan dari Pengadilan Negeri. [DW]


Editor: Fitra Dewi
Fotografer: Al Fajri