DWP Kemenag Kabupaten 50 Kota Gandeng Disdukcapil Sosialisasi IKD

Limapuluh Kota, Humas – Tim dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Limapuluh Kota hadir pada pertemuan Bulanan Dharmawanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (20/9), di Aula Serbaguna. Kehadiran tim disambut Ketua DWP, Ny. Delvinawati Irwan.


Ketua DWP dalam sambutan dan arahannya menjelaskan, kehadiran tim dari Disdukcapil adalah dalam rangka Sosisalisasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Ketua DWP menyebut, pengurus sengaja mengagendakan kegiatan sosialisasi ini, mengingat urgensi IKD sangatlah penting dalam upaya memudahkan masyarakat dalam penggunakan kartu identitas diri dalam berbagai kepentingan.


Selain itu, dalam pertemuan tersebut Ketua DWP juga membahas terkait kegiatan DWP yang pada pertemuan ini yang menjadi pelaksana adalah DWP Unit KUA Kecamatan dengan tema Memasak Puding Lumut dan Puding Labu.


"Memasak tidak harus mewah, yang utama adalah sehat dan yang terpenting adalah dihidangkan dengan rasa kasih sayang kepada anggota keluarga," ungkap Ketua DWP


Pada Pertemuan yang dihadiri pengurus, Ketua DWP Sub Unit beserta anggota, DWP Aktif, serta DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota, Ketua DWP juga berpesan agar kegiatan yang dilaksanakan satu kali dalam satu bulan ini dimanfaatkan sebagai wadah berbagi informasi, diskusi, dan mempererat kebersamaan dalam bingkai silaturahmi.

Bambang Irawan, perwakilan dari Disdukcapil, dalam penjelaskannya mengatakan, IKD merupakan konsep yang menggabungkan teknologi dan sistem informasi untuk mengelola identitas penduduk secara elektronik. IKD dapat diartikan sebagai KTP versi digital yang berbentuk aplikasi.

“Jadi, IKD adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan Dokumen Kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan Data Pribadi sebagai identitas yang bersangkutan,” jelas Bambang Irawan.

Usai kegiatan, peserta DWP melakukan kegiatan rekam identitas digital secara bergantian. Dan bukan hanya peserta kegiatan pertemuan bulanan DWP, kaum bapak-bapak dari Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota juga turut hadir dalam perekaman Kartu Identias berbasis digital tersebut.(Nina)
 


Editor: Nina
Fotografer: Nina