DWP Kemenag Kota Solok Ikuti Seminar Cegah Kawin Anak Secara Virtual

Kota Solok, Humas – Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kota Solok, beserta anggota, mengikuti Seminar Cegah Kawin Anak secara virtual pada Kamis (26/09/24). Kegiatan yang bertema “Cegah Kawin Anak untuk Mewujudkan Generasi Berkualitas” ini diikuti oleh DWP Kemenag se-Sumatera Barat dan diselenggarakan oleh DWP Kemenag RI secara hibrid (daring dan luring).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, Mustafa, bersama Penyelenggara Zawa, Oma Fahmi turut hadir dalam seminar yang digelar melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung di YouTube. Dalam sambutannya, Penasehat DWP Kemenag RI, Eny Retno Yaqut, menekankan pentingnya upaya pencegahan perkawinan anak untuk masa depan generasi bangsa.

Senada dengan itu, Sri Suryani, perwakilan Gubernur Sumatera Utara, memaparkan beberapa strategi pencegahan perkawinan anak, seperti optimalisasi kapasitas anak dan penguatan koordinasi pemangku kepentingan.

Ketua DWP Kemenag Kota Solok, Ny. Nur Mustafa, dalam wawancara menyampaikan pentingnya kolaborasi semua pihak dalam menyebarkan informasi dan edukasi tentang bahaya kawin anak. “Melalui seminar ini, diharapkan terbentuk pemahaman yang lebih luas tentang pentingnya perlindungan anak, serta upaya pencegahan yang efektif, demi mewujudkan generasi yang cerdas, sehat, dan berkualitas,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Kantor Kemenag Kota Solok, Mustafa, menyampaikan pesan penting setelah seminar daring "Cegah Kawin Anak untuk Mewujudkan Generasi Berkualitas. Ia menekankan bahwa pencegahan pernikahan anak adalah tanggung jawab bersama, yang memerlukan peran aktif dari masyarakat, keluarga, dan institusi.

Mustafa mengajak semua pihak untuk terus mengedukasi dan menyebarluaskan informasi mengenai dampak negatif kawin anak, agar generasi muda dapat tumbuh dengan baik. Ia berharap, melalui kolaborasi ini, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak demi masa depan yang lebih baik.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Direktur Bina KUA dan keluarga Sakinah, Cecep Khairul Anwar, Kanwil Kemenag Sumut dan Head Of Media Save The Children Indonesia, Dewi Sri Sumanah, juga diikuti oleh jajaran DWP KanKemenag Kabupaten/Kota se- Sumatera barat, Ketua DWPP UPT Asrama Haji, Ketua DWP BDK Padang kegiatan melalui Aplikasi Zoom yang dilaksanakan oleh DWP Kemenag RI di Hotel Aryaduta Medan.(helda)


Editor: Risna
Fotografer: helda