DWP Kemenag RI Gelar Khataman dan Peringatan Nuzulul Qur'an, Pengurus DWP Kemenag Sumbar Ikuti secara Virtual

Padang (Humas)- Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Sekretaris Karleni Miswan beserta jajaran pengurus mengikuti acara Khataman dan Peringatan Nuzulul Qur’an yang diselenggarakan DWP Kemenag RI, Senin (01/04/2024).

Didampingi Wakil Sekretaris Susi Primayeni serta jajaran pengurus lainnya, Ny Karleni mengikuti kegiatan ini secara virtual dari Aula FKUB Kanwil Kemenag Sumbar. Pada kegiatan yang juga diikuti secara virtual melalui zoom meeting oleh Ketua DWP Kanwil Kemenag dari 33 provinsi se Indonesia ini langsung dibuka penasehat DWP Kemenag RI Hj Eny Retno Yaqut.

Pada rangkaian kegiatan yang mengusung tema “Al-Qur’an Mukjizat Nabi Sepanjang Masa” tersebut, Penasehat DWP mengungkapkan apresiasi sekaligus rasa syukur dapat bersilaturrahmi dengan seluruh undangan dan peserta dari seluruh Indonesia. Baik yang hadir secara offline maupun online.

Ia menuturkan harapan besar bahwa kegiatan Nuzulul Quran yang menjadi bagian dari program Gebyar Ramadhan Kemenag RI, dapat membawa berkah dan mampu menghapus sebagian dosa-dosa.

Menurut Eny Retno membaca Alqur’an akan membawa dan menjadikan refleksi tersendiri bagi bagi umat muslim untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat dalam kehidupan.

Selain itu, ia mengatakan bahwa dengan membaca Al-Quran akan memantik manusia untuk lebih memahami makna dan mendalami setiap makna yang terkandung dalam ayat Al-Qur’an . Sehingga, tentu saja akan membawa pencerahan pada diri umat Nabi Besar Muhammad SAW dan sebagai hamba Allah.

“Kita menyadari Islam agama terbuka, tidak radikal, islam mengajarkan pluralusme, menyayangi sesama dan bersinergi membangun peradaban dengan tetap menjaga keimanan kita,” terangnya.

Eny Retno juga menambahkan peringatan Nuzulul Al-Qur'an menjadi sangat penting untuk dilaksanakan, sebagai upaya pengingat atau alarm bagi manusia terhadap fungsi dan perannya sebagai manusia yang lemah, yang menghamba hanyabkrpada Allah SWT.

Hal itu menurutnya bisa diperoleh dengan cara terus berikhtiar untuk istiqamah mencintai Al-Qur'an, memahami, bahkan melalui jalan untuk lebih mengimplementasikan nilai nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan tausiah agama yang disampaikan  KH. Muh. Syukron Faiz Mahmud yang  mengangkat pembahasan tentang Al-Quran Mukjizat Nabi Sepanjang Masa.

Terpisah, Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar yang diwakili Ny Karleni Miswan selaku Sekretaris meyakini momentum Nuzulul Qur’an ini pengurus dan seluruh anggota DWP Kemenag Sumbar semakin menanamkan dan menambah rasa cinta kepada Al Qur’an.

“Dengan kegiatan peringatan Nuzul Qur'an ini semoga Pengurus dan Anggota DWP bisa menanamkan rasa cinta pada Kitab Suci Alquran, sehingga dapat memahami setiap makna, menumbuhkan rasa cinta terhadap kitab suci ini dan mengamalkannya dalam kehidupan. Baik itu dalam lingkungan keluarga, lingkungan kerja atau pun antara sesama anggota DWP Kemenag, khususnya Provinsi Sumbar. (vera)


Editor: vethriarahmi
Fotografer: VR