DWP Kemenag Sumbar Warnai Ramadan dengan Khatam Al-Qur'an

Padang (Humas)- Bulan suci Ramadan merupakan waktu yang tepat, dalam melaksanakan kegiatan positif, mendulang berbagai pahala. Hal itu  juga dimanfaatkan DWP Kanwil Kementerian Agama melakukan berbagai kegiatan keagamaan. Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan khatam Al-Quran, Jumat (22/03)  di Aula FKUB Kanwil Kemenag Sumbar.

Menurut Ketua DWP Ny Hj Rosnimar Mahyudin yang hadir secara virtual, kegiatan khatam Al-Quran merupakan bagian dari rangkaian tadarus Al-Quran bulan suci ramadan.

Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Sumbar  sukses menyelenggarakan Khatam Qur'an 30 Juz. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota DWP Kemenag Kabupaten/Kota se-Sumbar secara daring dan beberapa perwakilan dari ASN Kanwil Kemenag Sumbar secara luring. Acara diawali dengan pembacaan juz 30 secara bergiliran dipimpin Ny Rini Bakri.

Kegiatan yang juga diwarnai dengan tadarus Al-Qur’an oleh pengurus DWP Kanwil Kemenag Sumbar ini, juga beragenda tausiyah agama oleh H Yusran Lubis Ketua Tim Kemasjidan Bidang Urais. Ia berbicara tentang hikmah membaca Al-Qur’an . 

“Alhamdulillah tadarus kali ini bisa dilaksanakan secara tatap muka, baik luring maupun daring. Diharapkan kegiatan keagamaan ini dapat memberikan nilai ibadah dan pahala dibulan ramadan,” katanya.

Ny Rosnimar menuturkan membiasakan diri untuk membaca Al-Qur'an tidak hanya untuk mendapatkan pahala, tetapi juga untuk memahami kandungannya rasa terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan Khatmil Qur'an 30 Juz.

"Semoga dengan kegiatan ini, kita semua semakin cinta dan dekat dengan Al-Qur'an," ungkapnya.

Terlebih lagi kegiatan Khatmil Qur'an 30 Juz ini merupakan salah satu program kerja DWP Kemenag secara nasional. Selain dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan sekaligus ikhtiar mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Kegiatan khatam Al-Qur’an merupakan program nasional. Sebagai tindak lanjut dari program tersebut,  maka hari ini kita sangat perlu menyelenggarakan kegiatan khatam Al-Qur’an.” Katanya.

Kegiatan khataman Alquran, disoroti Rosnimar sebagai wujud kebersamaan DWP Kanwil Kemenag Sumbar bersama Ibu ketua DWP Kankemenag Kabupaten/Kota dan seluruh anggotanya.

“Kegiatan khataman sudah berjalan selama dua tahun ini, menjadi khas Dharma Wanita Persatuan Kemenag.” Katanya.

Selain itu menurut Rosnimar kegiatan khatam Al-Qur’an merupakan salah satu bukti adanya peningkatan minat baca Al-Qur’an yang cukup tinggi di tengah masyarakat.

Ia menilai momentum khatam Al-Qur’an selain mendekatkan diri kepada Allah SWT, juga mengasah rasa kebersamaan dalam memajukan organisasi DWP.

“Untuk itu mari kita kita lekatkan, budaya cinta Al-Qur’an melalui tadarus guna meraih ramadan Mubarak. Kita bisa jika  bersama, maju bersama, membesarkan organisasi dan lembaga ini,” pintanya.

Usai kegiatan, juga berlangsung pembahasan dan rapat tentang program DWP Kanwil Kemenag Sumbar yang dimoderatori Wakil Ketua I Ny Lili Fitriani Edison. Turut hadir Ny Yusnizar Ramza Husmen, Ny Hermayuda Hendri PD, Ny Lasmiati Yufrizal dan pengurus lainnya.(vera)

 


Editor: vethriarahmi
Fotografer: VR