Gelar Ampera, Kemenag Sumbar Lakukan Verifikasi Masjid Percontohan dan Ramah

Padang, Humas--Masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan sudah semestinya memberikan kenyamanan dan keramahan  kepada masyarakat. Menyikapi hal itu, Kementerian Agama menggelar Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah (Ampera).

Untuk tingkat Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat yang dimotori Bidang Urusan Agama Islam (Urais) saat ini sedang melakukan verifikasi dokumen dan profil masjid utusan 19 kabupaten kota se Sumatera Barat dengan 8 (delapan) kategori.

Plh. Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Edison yang juga Kabid Urais, mengatakan anugerah masjid percontohan atau yang populer dengan Ampera ini perdana dilakukan. Ini sebagai upaya dalam mewujudkan rumah ibadah yang nyaman bagi jemaah.

"Penilaian ini sebagai upayan Kementerian Agama menciptakan masjid yang nyaman. Dengan masjid yang makin terstandar dan ramah, jamaah akan semakin nyaman berada dan beribadat di masjid/musala," jelas Edison, Kamis (8/8/2024)

Hal positif lainnya dari kegiatan Ampera ini kata Kabid Urais ini, akan mendorong terjadinya upaya saling tiru, saling belajar, dan terjadi kontestasi/kompetisi-positif (fastabiq al-khairat) pembinaan kemasjidan, katanya.

Sejalan dengan itu, Edison menyebut penilaian masjid percontohan ini akan meningkatkan koordinasi antara Kementerian Agama dengan Pemerintah Daerah terutama dalam membangun program keagamaan.

"Kegiatan ini seridaknya bisa mengonsolidasikan potensi daerah. Kolaborasi Kemenag daerah dengan Pemda setempat dalam Pembinaan SDM kemasjidan dan fisik masjid akan terjalin sinergis, dan makin kuat," ujar Putra Agam ini.

Sementara itu, Ketua Tim Kerja Kemasjidan, Yusran Lubis mengatakan, setelah melakukan penilaian administrasi, hari ini, tim penilai melakukan pleno penetapan tiga nominasi terbaik.

"Hasil penilaian, 3 (tiga) nominasi terbaik akan dilakukan peninjauan lapangan untuk melihat dan sinkronisasi data atau profil yang dikirim ke tim penilai. Terbaik satu akan dikirim ke tingkat nasional dari masing-masing 10 kategori yang dinilai," jelas Yusran.

Ada 10 kategori masjid yang akan dinilai Masjid Agung Percontohan, Masjid Besar Percontohan, Masjid Bersejarah Percontohan. Masjid Jami' Percontohan. Masjid Tempat Publik Percontohan.

Kemudin Masjid Ramah Anak & Perempuan. Masjid Ramah Difabel & Lansia. Masjid Ramah Lingkungan. Masjid Ramah Musafir & Dhuafa dan Masjid Ramah Keragaman.

Dijelaskan Yusran, saat ini tercatat ada 19.049 masjid dan musala yang ada di Sumatera Barat. 5.591 diantaranya masjid dan 13.458 musala. Semua masjid ini sudah tercatat di aplikasi Simas (Aplikasi Masjid).

Pleno penetapan nominasi Ampera ini dihadiri seluruh Ketua Tim Kerja dan JFT/JFU di Bidang Urais serta tim sekretariat Rhama Eka Putra. Rinarisna


Editor: Risna
Fotografer: Rina