Gelar Rakor Akreditasi Bersama BAN SM, Kakanwil : Kemenag Sumbar Siap Berikan Pendampingan Maksimal

Padang, humas -- Perdana tugas diluar kantor, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H Mahyudin didampingi H Afrizal Ketua Tim Kurikulum bidang madrasah penuhi undangan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN SM) Provinsi Sumatera Barat dan didaulat sebagai narasumber dalam kegiatan rapat program dan koordinasi, Kamis (16/11/2023). 

Kakanwil H Mahyudin mengatakan akreditasi sangat menentukan dalam mewujudkan mutu dan kualitas pendidikan termasuk di madrasah.

" melalui peningkatan kerjasama ini, jajaran  Kanwil Kemenag Sumbar siap untuk memberikan pendampingan maksimal program akreditasi dari BAN SM dan optimis madrasah di Sumatera Barat memperoleh peningkatan nilai akreditasi," terang Kakanwil.

Ia juga menyampaikan keseriusan Kementerian Agama dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah seperti keseriusan mengawal madrasah agar terakditasi.

"Kementerian Agama sangat serius dalam upaya mengakreditasi madrasah seperti  pemberian  sanksi berupa  rekomendasi peninjauan ulang pemberian izin operasional kepada madrasah yang tidak terakditasi seperti yang tertuang didalam Kepdirjen Pendis Nomor 1201 tahun 2023 tentang juknis pendirian madrasah," terangnya.

Selain menyampaikan kebijakan Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat dalam pengembangan mutu pendidikan madrasah, H Mahyudin juga menyampaikan profil dan data madrasah se-Sumatera Barat.

Meskipun H Mahyudin baru menjabat Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Ia telah banyak memperoleh informasi terkait perkembangan madrasah di Sumatera Barat diantaranya informasi  jumlah madrasah yang telah memperoleh nilai akreditasi A sebanyak 204 , akreditasi B sebanyak 324 , akreditasi C 221 dan belum terakreditasi 38.

Ia berharap kerjasama yang sudah terjalin selama ini antara Kanwil Kemenag Sumbar dengan BAN SM Sumbar dalam bentuk nota kesepahaman dapat ditindaklanjuti lebih serius dan melahirkan program dan langkah teknis strategis. 

Rifma Kepala BAN SM Provinsi Sumatera Barat  mengapresiasi atas respon cepat dari Kakanwil yang baru saja  pisah sambut pada Senin lalu ini.

"dengan keseriusan Kanwil Kemenag  ini maka BAN SM Sumatera Barat optimis dan siap memberikan pendampingan maksimal kepada madrasah agar memperoleh akreditasi yang lebih tinggi," ungkap Kepala BAN SM.

Kepala BAN SM Provinsi Sumbar cukup berkesan dan  terharu ketika mendengarkan penyampaian H Mahyudin terkait keputusannya memilih menghadiri Rakor ini sebagai  prioritas utama menjalankan  tugas perdananya  untuk diluar kantor. rzk


Editor: -
Fotografer: -