Gelar Rapat Dinas, Kemenag Kota Padang Siap Sukseskan Lebaran Yatim Berbagai Cinta Berlimpah Berkah

Padang, Humas – Kementerian Agama Kota Padang Gelar rapat dinas dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan Lebaran Yatim Berbagi Cinta Berlimpah Berkah, yang berlangsung di Aula Lt.2 Kemenag setempat pada Jumat 12 Juli 2024.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H. Edy Oktafiandi menyebutkan bahwa Rapat tersebut digelar untuk menindaklanjuti Surat Pemberitahuan dari Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat melalui Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf terkait pelaksanaan kegiatan Idul Yataama pada bulan Muharram. Kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2024 yang bertepatan dengan tanggal 10 Muharam, akan melibatkan berbagai pihak baik secara luring maupun daring.

Rapat dipimpin secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H. Edy Oktafiandi didampingi Kepala Subbag Tata Usaha H. Zulfahmi, bersama segenap unsur Kepala Seksi dan Penyelenggara Zawa serta diikuti Kepala Madrasah, Kepala KUA, Pengawas Madrasah/ Sekolah beserta Aparatur Sipil Negara Jft Jfu dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Padang.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Edy menjelaskan bahwasanya tujuan diadakannya pertemuan ini untuk membahas dan mematangkan kegiatan kampanye nasional yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi umat dalam berzakat.

"Sebagai salah satu langkah meningkatkan partisipasi umat dalam berzakat, direktorat pemberdayaan zakat dan wakaf bermaksud menyelenggarakan sebuah program berkerjasama dengan para stakeholder zakat untuk bergerak secara bersama sama demi memberikan manfaat yang besar," beber Edy.

“Mari kita dukung dan sukseskan program lebaran yatim ini sebagai upaya kita saling berbagi kepada anak-anak yatim, juga sebagai wahana meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berzakat,” ajak Edy menegaskan.

Hal serupa juga disampaikan Penyelenggara Zakat dan Wakaf Rinaldi Putra dikatakannya bahwa lebaran yatim ini bertemakan "Berbagi Cinta Berlimpah Berkah".

"Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Agama, Lembaga Zakat, dan lembaga terkait untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dalam momentum kebersamaan di bulan suci Muharram," ujar Rinaldi.

Ia juga berharap agar kegiatan yang sangat mulia ini dapat sukses dilaksanakan dengan partisipasi aktif dari semua pihak terkait.

Dikatakan Rinaldi, dimana salah satu kegiatan yang difokuskan Kementerian Agama Kota Padang dalam acara ini adalah penyaluran bantuan kepada yatim dan difabel, sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap kemaslahatan umat. 

Dana untuk kegiatan ini dihimpun dari sumbangan seluruh ASN Kementerian Agama dan UPZ Kemenag, serta kolaborasi dengan Baznas Kota Padang, LAZ MU (Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah), dan LAZ NU (Lembaga Amil Zakat Nahdlatul Ulama) untuk meningkatkan dampak positifnya bagi masyarakat.

“Selain itu, kegiatan ini juga akan dicatatkan dalam Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kegiatan serentak di seluruh Indonesia,” terang Rinaldi.

Ditempat yang sama, Kepala Subbag Tata Usaha H. Zulfahmi berharap agar seluruh pejabat di lingkungan Kementerian Agama, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, Para Guru, penghulu, penyuluh, serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama Kota Padang dapat berpartisipasi aktif demi kesuksesan kegiatan berbagi cinta kepada anak yatim ini.

"Dengan adanya dukungan dan kolaborasi dari Baznas Kota Padang, LAZ MU, dan LAZ NU, diharapkan kegiatan Idul Yataama 2024 ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan, serta memperkokoh rasa persatuan dan kebersamaan di tengah-tengah masyarakat,” harapnya seraya mengakhiri.


Editor: HarisTJ
Fotografer: ZT79