Gubernur Tegaskan Kejujuran dan Keprofesionalan Dewan Hakim Penentu Kesuksesan MTQ

Padang Aro, Humas--Kesuksesan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional XL tingkat Provinsi Sumatera Barat berada di tangan Pengawas, Dewan Hakim dan Panitera.

Hal ini ditekankan Gubernur Sumbar diwakili Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Al Amin usai melantik Dewan Hakim dan Panitera MTQ N XL di Aula Kantor Bupati Solok Selatan, Selasa (12/12).

Diingatkan Gubernur, dewan hakim MTQ N XL ini bukanlah utusan kabupaten kota yang membela qori qoriahnya, tetapi hakim sebagai penentu lancarnya pelaksanaan musabaqah.

"Saya tekankan kepada kita semua bahwa kejujuran dan keprofesionalan sangat menentukan kesuksesan MTQN ke 40 Sumbar ini," pesan Al Almin.

Al Amin juga menyampaikan demi menghasilkan qori qoriah terbaik yang akan mewakili Sumbar ke tingkat nasional, Pemprov bersama Kemenag dan LPTQ menghadirkan dewan hakim nasional.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumbar mengatakan, di samping memiliki kepribadian yang adil, santun, jujur dan bertanggung jawab, dewan hakim mesti memiliki kompetensi dan keahlian yang memadai terkait dengan bidang penilaiannya.

"Dengan penilaian yang benar, jujur dan bertanggungjawab tentu akan dapat menghasilkan qari qari’ah, mufassir mufassirah atau hafidz hafidzah yang handal," tutur Kakanwil.

Sebab apa yang menjadi penilaian oleh hakim sebut Mahyudin, sudah sesuai dengan kaedah-kaedah penilaian yang benar.

"Hasil penilaian dewan hakim sangat menentukan kualitas kafilah yang akan mewakili Sumatera Barat pada musabaqah di level Nasional," pesan putra Kampar Riau ini.

Namun timpal Kakanwil tentunya keberhasilan itu diperoleh dengan latihan-latihan yang maksimal. Keinginan untuk meningkatkan kompetensi secara serius, serta kesiapan mental yang matang.

"Untuk itu kepada para pelatih, bimbinglah, binalah, latihlah serta berikanlah kepada para kafilah kita ilmu, metode, teori dan
praktek agar mereka dapat tampil secara maksimal," pungkas Kakanwil.

Untuk itu, kepada ofisial Kakanwil berpesan berikanlah dukungan secara penuh, sehingga semuanya dapat mengeluarkan kemampuan terbaik ketika tampil.

Pelantikan dewan hakim ini juga dihadiri Kakanwil diwakili Kepala Bidang Penaiszawa, Yufrizal, Bupati Solok Selatan Khairunas, Wakil Bupati, Yulian Efi, Ketua Harian LPTQ, M. Ridho Nur, serta dewan pengawas, seluruh dewan hakim, dan panitera. Rinarisna


Editor: -
Fotografer: -