Gudep MAN Kota Pariaman Gelar Upacara Pengukuhan Kacu Kelas X

Pariaman_Humas, Gudep Pramuka Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Pariaman menggelar upacara pengukuhan kacu bagi siswa kelas X Fase E, Jumat (19/7). Upacara tersebut dihadiri oleh pembina ekskul pramuka, guru dan kakak pembina pramuka MAN Kota Pariaman.

Bertindak selaku pembina upacara Wakil Kurikulum Satria mewakil Kepala MAN Kota Pariaman menyampaikan bahwa ekskul pramuka merupakan ekskul wajib kelas X Fase E, karena kegiatan pramuka sudah mencakup dalam semua nilai karakter yang ada pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA).

“Terima kasih kepada kakak pramuka yang telah mempersiapkan kegiatan ini, dan kepada para peserta, agar mengikuti kegiatan ini dengan baik, karena kegiatan ini bertujuan untuk melatih akademik dan ketrampilan serta selalu memegang teguh janji satya darma pramuka yang akan dapat membentuk pribadi yang baik ,”ujar Satria.

Satria menambahkan makna dalam kegiatan ini adalah bahwa pengambilan ataupun untuk mendapatkan kacu siswa dan siswi kelas X Fase E haruslah melewati beberapa rangkaian acara guna menjadi syarat untuk mendapatkan kacu dan mereka resmi dilantik dan diakui sebagai siswa dan siswi pramuka MAN Kota Pariaman.

“Makna pemasangan kacu sendiri terletak pada bagian leher dan memanjang kedada berarti bahwa hal ini melambangkan bahwa pramuka sangat dekat dengan dada ataupun jantung yang merupakan sumber kehidupan bagi manusia yang memompa aliran darah keseluruh tubuh,begitupun dengan pramuka yang diharapkan nantinya selalu ada dan berguna bagi masyarakat sekitar dan terus tertanam semangat pramuka bagi siswa dan siswi MAN Kota Pariaman,”ucap Satria.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dengan memberikan bimtek kepramukaan kepada para peserta yang disampaikan para narasumber dari alumni pramuka MAN Kota Pariaman dan pembina ekskul pramuka MAN Kota Pariaman. Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan berbagai perlombaan seperti pembuatan tandu dan simpul-simpul.

Terpisah Kepala MAN Kota Pariaman Emma Marni ucapkan terima kasih dan berikan apresiasi atas terlaksananya acara ini. Semoga dengan pengukuhan Pramuka MAN Kota Pariaman semakin sukses dan eksis ke depannya. Semoga (Af/AtiR)


Editor: Atir
Fotografer: Af