Guru BK MAN Kota Solok Terapkan Pendekatan Eco Art Counseling pada Siswa Kelas X Fase E

Kota Solok, Humas --- Sebanyak 32 siswa kelas X E 4 MAN Kota Solok mengikuti kegiatan belajar bersama guru BK dengan penerapan pendekatan Eco Art Counseling. Guru BK memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung perkembangan siswa, tidak hanya dari segi emosional, intelektual, dan moral spiritual, tetapi juga dalam aspek sosial. Peran guru BK sangat terkait dengan pendidikan karakter, yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada pencapaian hasil belajar siswa serta dalam membantu mereka mengatasi berbagai masalah, salah satunya adalah perencanaan karir di masa depan, Selasa  (21/01)

Pelaksanaan layanan konseling perencanaan karir melalui pendekatan Eco Art Counseling bertujuan untuk membantu siswa merencanakan masa depan mereka. Perencanaan karir merupakan langkah penting dalam kehidupan individu, terutama bagi siswa yang akan segera memasuki dunia kerja. Pemilihan karir yang tepat tidak hanya bergantung pada minat dan bakat, tetapi juga pada pemahaman diri yang mendalam serta kesadaran akan lingkungan sekitar. Dalam konteks global yang semakin kompleks, siswa membutuhkan lebih dari sekadar pengetahuan akademik untuk meraih kesuksesan dalam karir mereka.

Eco Art Counseling menawarkan pendekatan holistik dan kreatif untuk membantu siswa menemukan jati diri dan merancang masa depan mereka. Dengan menggabungkan unsur alam, seni, dan refleksi diri, metode ini dapat membantu siswa mengatasi berbagai masalah yang mereka hadapi dalam perencanaan karir.

Menurut Sri Fani Dayanti, guru BK MAN Kota Solok, Eco Art Counseling bukan hanya sekadar pendekatan terapi seni, tetapi juga cara untuk memperkuat pendidikan lingkungan, memperdalam kesadaran diri, dan membentuk keterampilan sosial siswa. Dengan mengintegrasikan alam dan seni dalam proses konseling, Eco Art Counseling menjadi metode yang dapat mendukung kesejahteraan siswa, meningkatkan rasa empati terhadap lingkungan, dan mempersiapkan mereka untuk menjadi individu yang bertanggung jawab serta penuh kesadaran lingkungan.

Kepala Madrasah, Marion, sangat mendukung penerapan pendekatan Eco Art Counseling ini karena diyakini dapat membantu siswa dalam memahami perencanaan karir mereka sejak dini. Muhammad Fauzan Novary, siswa kelas X E 4, mengungkapkan bahwa ia sangat merasakan manfaat dari kegiatan ini dalam merencanakan karirnya. Kegiatan ini memungkinkan siswa untuk menggali jati diri dan merencanakan masa depan mereka, serta mengatasi beberapa tantangan dalam perencanaan karir. (helda/NT)

 


Editor: Risna
Fotografer: helda