Guru PAI di Kabupaten Solok Ikuti Sosialisasi Kurikulum Merdeka

Koto Baru, Humas - Sebanyak 60 Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kabupaten Solok mengikuti sosilisasi Kurikulum Merdeka yang digelar oleh Kantor Kemenag, Selasa dan Rabu (12 dan 13 September 2023).

Peserta yang dibagi dalam dua angkatan juga digelar di dua tempat berbeda, Selasa (12/9) berlangsung di SMPN 2 Gunung Talang yang diikuti oleg guru PAI pada SMP, SMA dan SMK. Sedangkan Rabu (13/9) digelar di MPI Muaro Paneh diikuti oleh guru PAI SD.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok yang diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha H. Fuadi Nawawi menyampaikan kegiatan ini digekar sebagai upaya peningkatan kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam menerapkan kurikulum merdeka.

"Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler dengan konten yang beragam agar siswa dapat lebih optimal dan memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik," ujar H. Fuadi.

Ditambahkannya, saat ini kehidupan berkembang sangat cepat. Kurikulum pendidikan diharapkan juga mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang dinamis tersebut. maka menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim memiliki gagasan baru yakni dengan menerapkan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka ini memiliki perbedaan dengan kurikulum k-13 sebelumnya.

Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Kurikulum Merdeka Belajar adalah inovasi dalam pendidikan Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan minat belajar siswa. Kurikulum ini memberikan kebebasan kepada siswa dalam memilih minat belajar mereka, mengurangi beban akademik, dan mendorong kreativitas guru. tutup H. Fuadi Nawawi.

Usai dibuka, para peserta menrima materi yang disampaikan oleh Dudu Wardana M.Pd.I. Pembukaan ini sendiri juga dihadiri oleh para Kepala Seksi pada kantor Kemenag Kabupaten Solok dan kepala SMPN 2 Gunung Talang H. Harmaini, S.Pd. Hendri | fendi


Editor: -
Fotografer: -