H. Edy Oktaviandi Wakili Pemerintah Daerah Terima Jamaah Kloter 12 Padang

Padang Humas --- Rombongan Kloter 12 Padang sampai di Asrama Haji Debarkasi Padang pukul 08.39 Wib, jamaah lansung memasuki aula utama yang disambut dan dipandu panitia untuk melaksanakan prosesi serah terima jemaah yang ditandai penyerahan Bendera dan Mikrofon dari ketua kloter dan pembimbing ibadah ke PPIH dan dari PPIH ke pemerintah daerah. Mewakili Pemerintah Daerah Kota Padang, H. Edy Oktaviandi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang menerima kembali jamaah yang telah kembali dari Tanah suci yang diserahkan oleh PPIH Debarkasi Padang.Kegiatan seremoni singkat ini dilanjutkan dengan  penyerahan piagam penghargaan kepada petugas dari PPIH yang diserahkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat diwakili Kepala Bidang PHU H.Ramza Husmen didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H.Edy Oktafiandi.

Kloter 12 Padang yang jamaahnya semuanya berasal dari Kota Padang,termasuk dalam fase pemulangan gelombang 2 yang berangkat dari Hotel Andalus Golden dan Kayan Al Madina Hotel pada Hari Sabtu 6 Juli pukul 11.10 WAS menuju Bandara  MADINAH. Pesawat Take-Off Sabtu, 6 Juli 2024, Pukul 16:10 WAS dan Mendarat di BIM Minggu, 7 Juli  2024, Pukul 06.35 WIB dengan didamping 7 orang PPIH Kloter yakni Ketua Kloter Hamdani, Pembimbing Ibadah Zulyasmi, Dokter dr. Frista Maulina, Paramedis Rika Roza dan Tahmid Ardiansyah dan PHD H. Gusnedi Wahid  dan Paljariati Yusral.

Jumlah Total  Jamaah Kloter 12 saat kembali ke Tanah Air adalah 384 Jamaah dengan 7 PPIH Kloter sehingga totalnya 391 orang.Jemaah Haji Lansia pada Kloter 12 (dua belas) berjumlah 105 orang. Satu orang jemaah haji PDG-12 wafat di Makkah atas nama Musri Makmur Maabai umur 77 tahun asal Kota Padang dan dimakamkan di Sharae. Jamaah Haji PDG-12 mutasi masuk atas nama Saudi Ali Jenan, umur 70 tahun, asal Kab. Kepahiang Bengkulu kloter asal PDG-04 dan Yursalmi Binu Labai, umur 66 tahun, asal Kab. Tanah Datar, kloter asal PDG-07. Jamaah Haji PDG-12 mutasi keluar atas nama Yahya Amir bin Amir, umur 64 tahun, asal Kota Padang, karena sakit, mutasi ke kloter PDG-07 an Ireindina Munir Bustamam, umur 60 tahun, asal Kota Padang, karena sakit mutasi ke kloter PDG-07 serta Syamsiah Nauman, umur 66 tahun, asal Kota Padang, karena sakit mutasi ke kloter PDG-01.

Sesampai di Tanah Air Jamaah Haji Kloter 12 Padang disambut di tangga pesawat oleh PPIH Debarkasi Padang diwakili oleh  H. Efi Yoskar, H. Afrizal dan H. Indranedi, di dampingi Kakankemenag Kota Padang yang diwakili Oleh Hendri Yazid Kasi PHU. Kondisi jamaah saat sampai di BIM dalam keadaan sehat,dua orang jamaah dibawa menggunakan mobil ambulance atas nama Saudi ali jenan dan Sabirin Murut.

Setelah prosesi serah terima jamaah selesai, jamaah asal Kota Padang ini, mengambil koper kabin mereka langsung ke aula khusus koper dan  dijemput keluarga untuk kembali ke rumah masing-masing. Disela-sela kebahagian menunggu jemputan, tim sempat mengikuti cerita bahagia dari seorang nenek yang usianya suah cukup lanjut. Ia duduk disebuah kursi roda  yang dipegang oleh anaknya dengan kondisi tangan terbalut gip menandakan tangannya dalam kondisi patah. Ia bernama Risyah Munas. Istimewanya walau dalam kondisi tersebut wajahnya tak henti-henti tersenyum. Ternyata ia merasa sangat bahagia sudah sampai lagi di kampung halaman dan merasa senang saat di Tanah suci ada saja petugas dan jamaah lain yang bantu dia. 

"Alhamdulillah bantuan datang saja dari petugas dan tema-teman sesama jamaah ada yang bantu suapkan makan karena tangan kanan patah, ada yang bantu ke kamar mandi dan jalani ibadah sehingga rangkaian ibadah haji saya dapat terlaksana dengan baik", ujarnya.


Editor: YMA
Fotografer: YMA