H. Mahyudin : Menghapal al-Quran tidak Ada Ruginya

Payakumbuh, Humas -- MTsN 1 Payakumbuh menggelar wisuda Tahfidz angkatan ke-2 tahun 2024 yang dilaksanakan di halaman gedung baru madrasah tersebut,Rabu (31/1/2024).Sebanyak 415 siswa mengikuti prosesi wisuda yang dihadiri Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Mahyudin tersebut.

Apresiasi yang dluar biasa diberikan Kakanwil kepada MTsN 1 Payakumbuh atas terlaksananya wisuda tahfidz angkatan ke-2 ini.

"Ini adalah termasuk wisuda tahfidz terbesar karena diikuti oleh 415 siswa, kegiatan ini tidak akan bisa terlaksana tanpa adanya kerjasama yang baik dari semua unsur yang ada di MTsN 1 Payakumbuh mulai dari Kepala Madrasah,guru dan juga wali muid.Apresiasi yang luar biasa kepada MTsN 1 Payakumbuh yang telah berhasil melaksanakan kegiatan yang luar biasa ini dan hal seperti ini harus dipertahankan,"ujar Mahyudin.

Dikatannya bahwa menghapal Al Qur'an sangat bermanfaat dan tidak ada ruginya.

"Menghapal Al Qur'an tidak akan ada ruginya, InsyaAllah akan bermanfaat bagi kita kapan dan dimanapun kita berada. Bagi anak laki-laki yang bacaannya sangat bagus sangat bermanfaat baginya untuk menjadi imam shalat,begitu pula untuk anak perempuan bisa pula bermanfaat untuknya apabila menjadi imam.shalat bagi perempuan lain. Jadi yang sudah dihapal tidak mungkin tidak akan bermanfaat," ulasnya

Diakhir sambutannya H. Mahyudin berpesan agar program-program yang baik "seperti ini tentu harus dipertahankan dan diteruskan serta perlu ditingkatkan untuk masa yang akan datang" pungkasnya.

Sebelumnya Kepala MTsN 1 Payakumbuh Hj. Ermita dalam hantaran katanya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Kakanwil sertaundangan lainnya di MTsN 1 Payakumbuh.

Disampaikannya bahwa kegiatan wisuda tahfidz angkatan ke-2 ini diikuti 415 siswa yang terdiri dari siswa kelas 7 kelas 8 dan kelas 9 dan ini tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama seluruh tenaga pendidik serta orang tua wali murid MTsN 1 Payakumbuh.

"Setoran hafalan tidak hanya diterima oleh guru Pendidikan Agama Islam tetapi juga diterima oleh guru mata pelajaran lainnya termasuk mata pelajaran umum dan kesuksesan anak-anak dalam menghapal Al Qur'an juga tidak terlepas dari dukungan orang tua wali murid," ujar Ermita.

Juga disampaikannya program tahfidz di MTSN I Payakumbuh dilaksanakan dalam dua kegiatan. Pertama dipagi hari sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai dilaksanakan pembelajaran tahfidz disetiap kelas yang dimulai pukul 07.15 sampai 08.15 WIB untuk semua kelas dan yang kedua adalah jadwal khusus yang dilaksanakan setiap hari Senin.Selasa dan Rabu yang dilaksanaka di Mushalla yang dimulai jam 06.30 sampai jam 08.30 WIB. 

Kegiatan wisuda tahfidz ini juga tamapak dihadiri Plh. Kakankemenag Kota Payakumbuh H. Jufrimal beserta Plt. Kasubbag TU Enra Rinaldi, Staf Ahli Walikota Payakumbuh Elvi Jaya, Kabag Kesra setdako Payakumbuh Efrizal,Camat Payakumbuh Barat Ul Fakhri, Ketua Komite MTsN 1 Payakumbuh H. Erman Ali, Pengawas MTs Idris Arifin serta undangan lainnya.(Algeri)


Editor: -
Fotografer: Busra algeri