H Mahyudin : Contoh Umat Beragama Moderat Adalah Yang Bijak Dalam Bermuamalah

Padang, humas --- Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumatera Barat Dr. H. Mahyudin, M.A mengatakan, salah satu contoh masyarakat yang sudah moderat adalah yang bijak dalam bermuamalah.

Muamalah dapat diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan hubungan antara individu yang mencerminkan bahwa manusia merupakan mahkluk sosial yang saling berinteraksi.

Hal tersebut dipisahkan dengan keyakinan atau kepercayaan kepada tuhan-Nya dalam menjalankan peribadatan yang sudah jelas aturannya.
“Ujung-ujungnya menjadikan umat beragama dapat hidup rukun dalam kerhamonisan untuk menjalankan hidup bernega,”kata H Mahyudin saat didaulat sebagai narasumber dengan tema  Moderasi Beragama dan Pembangunan Nasional pada Bimtek Pendidik yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan Padang, Rabu (3/7/24).

Ia menjelaskan Moderasi Beragama dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling bertautan. Setiap faktor berinteraksi dan saling mempengaruhi sehingga membentuk sebuah sistem yang kompleks. 
“Penguatan Moderasi Beragama perlu dilakukan secara holistik dan komprehensif dengan pendekatan sinergitas kerja sama,”lanjutnya di hadapan peserta Pelatihan PAI SD dan Bahasa Arab MA di Aula BDK Padang.

Pada kesempatan yang sama, H Mahyudin didampingi Kepala BDK Padang H. Risani,  sebagai moderator dan turut hadir Kasubbag Tata Usaha H. Aprianto,  serta panita pelaksana. (Fitria)


Editor: rzk
Fotografer: istimewa