H. Zulkifli Apresiasi Pelayanan Panitia Haji di Kabupaten Solok

Koto Baru, Humas - Dengan kembalinya 20 jemaah haji Kabupaten Solok yang tergabung dalam Kloter 17 Embarkasi Padang, selesai pula operasional penyelenggaraan haji di Kabupaten Solok. Kepala Kantor Kemenag H. Zulkifli mengapresiasi semua petugas dan panitia.

"Sejak awal persiapan banyak pihak yang terlihat, tidak hanya ASN di Kantor Kemenag saja tetapi juga Dinas Kesehatan, Puskesmas hingga Satpol PP," ujar Kakan Kemenag di kantornya Senin (16/7) siang.

Kakan Kemenag menyampaikan, adanya aturan sebelum pelunasan jemaah calon haji harus lulus istitaah kesehatan terlebih dahulu menjadi pekerjaan berat Dinas Kesehatan dan jajarannya, karena ada jemaah yang harus mengulangi pemeriksaan serta adanya kendala jaringan saat menginput data ke sistim.

"Alhamdulillah berkat kerja keras dan kesabaran petugas kesehatan ditengah tenggat waktu yang singkat dan jemaah yang banyak bisa melayani dengan maksimal, apresiasi untuk petugas kesehatan di Puskesmas yang ditunjuk oleh Dinas," sebut Kakan Kemenag.

Begitu juga dengan Kantor Imigrasi Padang, yang telah meluangkan waktunya mengunjungi jemaah ke Solok untuk memudahkan rekam data pembuatan pasport, yang kemudian dilanjutkan dengAan rekam data visa biometrik di Kantor Kemenag Kabupaten Solok dengan menggunakan android system.

"Di hari keberangkatan menuju asrama haji juga melibatkan rekan-rekan dari Polres Solok, Polsek Kubung, Dinas Perhubungan hingga Personil Satpol PP ikut memanjakan jemaah Lansia, menuntun dan membantu hingga menaiki bus, semoga menjadi amal ibadah dan pembuka jalan menuju tanah suci," tukuk Kakan Kemenag.

Pelayanan tanpa kenal lelah oleh ASN Kementerian Agama baik di Kantor Kabupaten Solok, Kanwil Kemenag Sumbar untuk memberikan rasa nyaman pada perjalanan ibadah jemaah hingga semua berakhir dengan telah pulangnya seluruh jemaah haji, dan koper serta air zamzam diterima dengan baik oleh jemaah yang berkumpul kembali dengan keluarga.

Menutup keterangannya, Kakan Kemenag menyebutkan dengan demikian operasional pelayanan haji di Kabupaten Solok tahun 2024 berakhir. Untuk 2025 masih penunggu penetapan dari Siskohat, nantinya akan disampaikan nomor porsi yang akan dipanggil untuk pelunasan serta jadwal pelunasannya. Fendi


Editor: Fendi
Fotografer: Fendi