Hadiri Acara Pengembalian Siswa Kelas IX MTsN 6 Solok, Ini Pesan Kakankemenag

Koto Baru, Humas – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM didampingi Kepala KUA Kecamatan Hiliran Gumanti, Fauzi, S.Sos.I hadiri pengembalian siswa-siswi Kelas IX MTsN 6 Solok tahun pelajaran 2023/2024. Acara Pengembalian ini mengangkat tema “Menggapai Asa Meraih Prestasi”. Yang diikuti sebanyak 142 orang siswa kelas IX bertempat di halaman Madrasah setempat. Kamis (16/05).

Hadir dalam acara pengembalian siswa-siswi Kelas IX MTsN 6 Solok tersebut, Camat Hiliran Gumanti diwakili Kasi Kesra, Masrial, S.Pd, Kapolsek diwakili Babinkatibmas, Wali Nagari Talang Babungo, Hafizurrahman dan seluruh warga MTsN 6 Solok dan Wali Murid dan undangan lainnya.

Kakankemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM dalam sambutannya menuturkan rasa kagum dan bangganya kepada siswa-siswa yang telah berhasil mengharumkan nama madrasah dengan prestasi dan ilmunya.

“Tidak hanya ilmu agama tapi juga pengetahuan umum yang nantinya bisa menjadi bekal untuk kehidupannya dimasa yang akan datang,” ucapnya.

H. Zulkifli, S.Ag, MM juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala MTs N 6 Solok dan semua Dewan guru yang telah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dalam membina,mendidik dan membimbing bahkan menghantarkan siswa siswinya MTs N 6 Solok menjadi berprestasi.

“Salah satu kewajiban Pemerintah adalah mendidik anak-anak Indonesia melalui lembaga Kementerian Agama Republik Indonesia, maka Kementerian Agama membuat tempat didik di mulai dari RA, MI, MTs, MA sampai ke tingkat Perguruan Tinggi Islam,” Ujar  H. Zulkifli.

Selain itu, Kakankemenag Kabupaten Solok juga menjelaskan tentang tagline madrasah yaitu maju dan mendunia.

“Kakankemenag menyebutkan cakupan tagline madrasah mandiri berprestasi adalah mandiri dalam belajar, mandiri dalam hidup, mandiri dalam berpikir, mandiri dalam berpendapat, mandiri dalam berkreasi, mandiri dalam berinovasi, mandiri berkepercayaan diri yang kuat (confidence). sedangkan berprestasi mencakup berprestasi dalam belajar, berprestasi dalam hidup, berprestasi dalam berkarya, berprestasi dalam berinovasi, berprestasi dalam akademik, berprestasi dalam afektif/karakter, berprestasi dalam psikomotorik/skill/ketrampilan dan berprestasi berkompetisi dalam kebaikan,” Ulasnya.

Menutup sambutannya, H. Zulkifli, berpesan kepada orang tua wali murid agar selalu bertanya dan mengawasi atau memantau kegiatan anak-anaknya karena sedang dalam masa pertumbuhan dan untuk anak-anak yang mengikuti pelepasan pada hari ini bahwa perjalanan belum selesai sampai disini, perjalanan masih panjang dan selalu berpikirlah gantungkan cita-cita setinggi langit serta selalu bercita-cita yang besar dalam mengapai masa depan yang cemerlang.

Sebelumnya, Kepala MTs Negeri 6 Solok, Rusmaida, S.Ag, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh wali murid yang telah memberikan kepercayaan kepada MTs N 6 Solok sebagai lembaga pendidikan bagi putra-putrinya dan mendoakan agar kelak berhasil di masa depan, sukses dengan bekal ilmu yang berkah dan bermanfaat dan berguna bagi bangsa dan Negara serta masyarakat sekitar dan dapat membahagiakan orang tuanya.

Rusmaida berharap perpisahan ini bukan akhir dari segalanya dan semoga silaturahmi keluarga besar MTsN 6 Solok dengan siswa-siswi yang sebentar lagi menjadi alumni tetap terjalan dengan baik.

“Agar siswa-siswi terus semangat dalam menuntut ilmu demi meraih cita-cita yang diimpikan,” harapnya.

Terakhir Kepala Madrasah menyebutkan Siswa-siswi MTsN 6 Solok sebanyak 9 orang dari siswa kelas IX tersebut telah diterima di SMAN 2 Sumbar, 1 orang di SMAN I Sumbar. Sebagiannya juga telah mendaftar di beberapa Madrasah Aliyah maupun SMA/SMK di Sumatera Barat. Mereka masuk melalui jalur prestasi maupun jalur reguler.

Acara pengembalian siswa kelas IX ini diisi dengan penampilan bakat dan kreasi siswa yang berlangsung sukses dan meriah. Selain itu, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh sanggar musik tradisional Nagari Talang Babungo Boneh Sarumpun. N.DY |Nia


Editor: Nofri Hendri
Fotografer: Nia