Hadiri Pembukaan KSM Nasional di Kendari, Kakanwil: KSM Bukan Hanya Kompetisi tapi Meraih Prestasi untuk Kemuliaan Negeri

Kendari (Humas) – Kakanwil H Helmi bersama ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar Ny.Hj.Nazifah Helmi hadir pada malam pembukaan KSM dan Myres Tingkat Nasional di Kendari, Minggu (03/09) yang dipusatkan di Lapangan Upacara Balai Kota Kendari.

Rangkaian pembukaan KSM tingkat nasional di Kendari ini dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki. Ketika dikonfirmasi, Kakanwil Kemenag Sumbar H Helmi mengungkapkan bahwa KSM menjadi kebanggaan dunia madrasah di seluruh Indonesia.

Harapan besar Kakanwil Helmi, semangat dan kesehatan peserta tetap terjaga dan terpelihara hingga berakhir kompetisi, sehingga mereka bisa meraih prestasi untuk kemuliaan negeri.

"Alhamdulillah kontingen Sumbar sudah sampai disini dan bersiap untuk mengikuti berbagai kegiatan baik KSM atau pun Myres." Sebut Helmi.

Harapan besarnya, semangat dan kesehatan peserta tetap terjaga dan terpelihara, sehingga mereka bisa meraih prestasi untuk kemuliaan negeri.

Tidak ada kesuksesan apapun yang bisa diraih jika kita tidak bersungguh-sungguh. Hal itu bisa terlihat dari rangkaian kegiatan pembukaan kegiatan KSM dan Myres yang begitu apik malam ini.

“Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah, masyarakat Sulawesi Tenggara betul-betul mempersiapkan diri dengan baik. Andai kata kedepannya, Sumbar mendapat jatah menjadi tuan rumah KSM, kita juga akan mempersiapkan yang lebih baik. ”katanya.

Lanjut, KSM dinilai Helmi memiliki langkah strategis dalam rangka peningkatan kualitas madrasah.

Pengembangan sumber daya manusia berbasis ilmu dan tekhnologi menjadi kebutuhan bagi madrasah, agar siswa madrasah mampu menguasai ilmu dan tekhnologi, ungkap Kakanwil Helmi, usai acara pembukaan.

Mantan Kepala Kemenag Kabupaten Padang Pariaman ini juga menambahkan bahwa KSM menjadi sarana memotivasi bagi para siswa madrasah. Modal dasar dan pengetahuan agama yang mumpuni bagi setiap anak madrasah, dibarengi dengan kemampuan ilmu dan tekhnologi (sains), dipastikan para siswa madrasah menjadi mandiri dan berprestasi.

Menurut Helmi KSM selain sebagai ajang kreativitas dan inovasi siswa madrasah dalam sains dan teknologi, namun juga peluang sebuah daerah untuk menunjukkan identitas dan integritasnya.

“Kita ingin tunjukkan tidak saja pada Indonesia tapi pada dunia, bahwa masyarakatnya religius, damai, suka bergaul dan moderat. Momen KSM menjadi potensi tersendiri bagi masyarakat Sumatera Barat dikenal dengan kedamaian dan persatuan,” sebutnya.

Hadir pada kegiatan pembukaan Kabid Penmad H Hendri Pani Dias beserta istri Ny.Wery Hendri, Kakankemenag Kota Sawahlunto H Dedi Wandra, jajaran ketua tim lingkup Bidang Penmad, Kasi Penmad Kepala Madrasah mulai tingkat MI, MTs, dan MA se-Sumatera Barat.

Usai kegiatan pembukaan secara resmi oleh Wamenag, Kakanwil Helmi berserta Ny Nazifah Helmi menyempatkan waktu untuk foto bersama di pelataran halaman gedung Balai Kotcla Kendari secara bergantian dengan jajaran pejabat Kanwil Kemenag Sumbar, seperti Kepala Madrasah Sumbar, Ketua tim, panitia, guru pembimbing dan tamu undangan lainnya.(vera)
 

 


Editor: -
Fotografer: -