Hadiri Penyerahan Ijazah dan Milad XX Ponpes Darul Tauhid Selayo, Ini Pesan Kakankemenag

Koto Baru, Humas – Kepala Kantor Kementerian Agama diwakili Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, H. Bustami, S.Ag, M.MPd hadiri penyerahan Ijazah Santri Kelas XII angkatan XVI Tahun Pelajaran 2023/2024 dan Syukuran Milad XX Pondok Pesantren Darul Tauhid, Selayo, Kecamatan Kubung. Sabtu (22/06).

Acara ini juga dihadiri oleh Bupati Solok diwakili Kepala Dinas Pendidikan, Zainal Juzmar, S.Pd, MM, M.Si, anggota DPRD Aurizal, anggota DPRD Provinsi terpilih Lastuti Darni, Kepala OPD, Kabag Kesra, Ketua TP-PKK Kab Solok, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, Forkopincam Kecamatan Kubung, Camat Kubung, Acil Fasra, Kepala KUA Kecamatan Kubung, Almaturidi, S.HI, MH, Wali Nagari Selayo, Ronal Reagen, Pimpinan Pondok Pesantren Darul Tauhid, Ustadz H. Djursywal dan undangan lainnya.

Panitia Pelaksana Ade Mulyadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Solok yang telah membuka akses jalan ke pesantren Darul Tauhid.

“Jumlah santri yang diwisuda pada Pondok Pesantren Darul Tauhid angkatan XVI ini 34 orang,” jelas Ade Mulyadi.

Wakil Pimpinan Ponpes Darul Tauhid, H. Betra Yunisol Lc, M.Pd menyampaikan bahwa Ponpes ini memiliki siswa 317 orang Santri tidak hanya berasal dari Nagari Selayo, namun banyak yang berasal dari luar Kabupaten Solok, bahkan dari luar Provinsi Sumatera Barat.

“Ponpes Darul Tauhid saat ini memiliki 2 Kampus, pembangunan Ponpes ini dilakukan dengan gerakan berwakaf dan partisipasi dari para donator,” ujar H. Betra Yunisol.

Darul Tauhid sudah memiliki alumni sebanyak 232 orang. Para alumni ada yang kembali mengabdi ke ponpes dan ada juga yang bekerja sebagai PNS,TNI, POLRI dan instansi lainnya.

H. Bustami, menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati pondok pesantren Darul Tauhid sekaligus ucapan selamat kepada para wali murid ponpes Darul Tauhid.

“Hari ini kita sangat bahagia dan bangga atas diterimanya ijazah para santriwan dan santriwati ponpes Darul Tauhid,” ujar Kasi Pontren ini.

Dihubungi terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli menyampaikan selamat dan sukses kepada para santriwan dan santriwati ponpes Darul Tauhid, semoga ilmunya bermanfaat.

“Tetaplah semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan selalu rendah hati di manapun berada,” ujar Kakankemenag.

Selain itu Kakankemenag juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pihak pesantren atas dedikasi dan komitmen dalam mendidik generasi muda.

"Pondok Pesantren Darul Tauhid Salayo telah berperan penting dalam mencetak generasi yang berakhlak mulia dan berilmu pengetahuan dan Saya berharap para lulusan dapat terus mengamalkan ilmu yang telah diperoleh dan menjadi panutan di masyarakat," ujarnya.

Kegiatan ini berlangsung dengan meriah di halaman kampus 2 pesantren tersebut dan juga diisi dengan berbagai penampilan dari para santri, mulai dari pembacaan ayat suci Al-Quran, penampilan seni, hingga pidato perpisahan dari perwakilan lulusan. Suasana haru dan bangga begitu terasa saat para santri menerima ijazah mereka sebagai tanda kelulusan.

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dan ramah tamah antara para lulusan, keluarga, serta tamu undangan. N.DY


Editor: Nofri Hendri
Fotografer: Nofri Hendri