Hadiri Tabligh Akbar Maulid Nabi, Kakankemenag Ajak Teladani Akhlak Rasulullah

Batusangkar-Humas Info : Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bekerjasama dengan Panitian Hari Besar Islam (PHBI) serta Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) mengadakan tabligh akbar yang berlangsung di halaman rumah dinas Bupati, Indo Jolito, Senin malam (23/9). Acara yang dihadiri oleh ratusan jamaah tabligh dari BKMT Kecamatan ini mengundang Ustadz Fauzan Ahmad Ad Dalwi sebagai penceramah. Hadir memberi sambutan pada acara tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tanah Datar H. Amril.

Tema peringatan Maulid Nabi kali ini adalah 'Meneladani akhlak serta meningkatkan kecintaan kita pada Rasulullah Muhammad SAW'. Pada sambutannya, H. Amril mengajak jamaah untuk merefleksikan akhlak mulia Rasul ke dalam kehidupan sehari-hari. "Muhammad SAW adalah manusia sempurna, mari kita jadikan role model atau contoh yang baik dan patut ditiru dalam keseharian kita," ujar H. Amril.

Lebih lanjut Kakankemenag mengingatkan jamaah akan surat Al-Ahzab ayat 21, 'Sungguh, pada (diri) Rasulullah benar-benar ada suri teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat serta yang banyak mengingat Allah'. H. Amril menekankan bahwa siapa yang cinta Al-Qur'an dan Rasulullah akan senantiasa diberikan rahmat Allah SWT serta dipertemukan oleh Nabi Muhammad SAW di akhirat kelak.

Sementara Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya menyambut baik kegiatan positif tabligh akbar terutama bagi generasi muda. Ia meminta agar para orang tua melibatkan aktivitas positif seperti ini dengan anaknya agar membatasi kecanduan gadget, sisi negatif teknologi serta konten dan berita negatif/hoaks. Selain itu untuk membentuk generasi yang islami, Bupati juga menyampaikan program Pemerintah Daerah 1 rumah 1 hafiz/hafizah. "Dengan adanya Maulid, kita harapkan lahir generasi tangguh yang cinta Allah SWT dan Rasul-Nya," tutur Eka Putra.

Pada momen Maulid Nabi ini, ceramah Ustadz Fauzan Ahmad Ad Dalwi menceritakan keluarga Rasulullah, kisah perjuangan masa dakwah, hingga sikap dan sifat Nabi yang menjadikan tauladan bagi umat manusia. "Nabi Muhammad adalah rasul terakhir, tidak ada setelahnya dan menjadi rasul bagi seluruh umat manusia. Mari kita teladani akhlak mulianya," ajak Ustadz Fauzan yang juga Sekretaris MUI Padang Pariaman. Disampaikannya mencintai Rasul serta mencontoh dan mengamalkan keteladanannya akan membawa syafaat bagi kita baik di dunia maupun di akhirat. 

Turut hadir pada Tabligh akbar tersebut Ketua PHBI Tanah Datar/Sekda Iqbal Ramadi Payana, Ketua BKMT Tanah Datar H. Maswardi, Ketua Baznas dan MUI Tanah Datar, Kepala SKPD, Forkopim, instansi vertikal, BUMD, Ormas Islam, Kepala KUA, staf Seksi Bimas Islam Kemenag Tanah Datar dan para undangan lainnya. (AP/UH)


Editor: Anggi
Fotografer: Anggi