Siswa MAN 2 Bukittinggi Raih Prestasi Nasional Diraih Siswa MAN 2 Bukittinggi

Bukittinggi - Humas - Siswa MAN 2 Bukittinggi kembali torehkan prestasi membanggakan dalam pekan ini. Tim Mandubi yang terdiri dari M. Yusuf Alghufron, Rehan Abisali, dan Mahfuz Arrasyid mengikuti lomba video pembelajaran matematika tingkat nasional yang diadakan STKIP Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Ahad (29/09/24). Pengambilan video diawali dengan menentukan materi Matematika yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. 

Kepada Humas, Ketua tim M.Yusuf Alghufron memaparkan tentang materi matematika yang mereka pilih dalam lomba tersebut adalah Trigonometri dari sudut elevasi dan depresi. 

"Sudut elevasi adalah sudut antara garis pandang horizontal dan benda tersebut. Bila seseorang berdiri dan melihat ke bawah pada suatu benda, sedangkan sudut depresi adalah sudut antara garis pandang horizontal dan benda tersebut. Nah pada video yang kami buat, kami mengambil contoh saat seseorang melihat atas tiang bendera dari tempat dia berdiri. Saat kita upacara misalnya memandang bendera naik  saat di puncak tiang" ungkapnya.

"Alhamdulillah pada perlombaan perdana kami dalam cabang video pembelajaran kami meraih juara dua tingkat nasional. Terimakasih banyak kepada guru pembimbing, buk Nur Fadilah, tim humas dalam syuting dan editing juga seluruh keluarga besar MAN 2 Bukittinggi tentunya. Prestasi ini membuat kami lebih semangat lagi untuk berlomba dan berkarya. Kami meyakini perlombaan adalah salah satu arena melatih kompetensi diri" tuturnya.

Nurfadilah selaku guru pembimbing sangat bersyukur atas prestasi siswa binaannya. "Alhamdulillah sangat bahagia, pembuatan video berjalan lancar,lomba ini sangat lama dalam penilaiannya. Kami mengirim dari pertengahan tahun ini, dan penantian panjang membuahkan hasil maksimal. Melalui video pembelajaran ini, mendekatkan siswa dengan matematika. Bahwa matematika itu menyenangkan dan ada dalam kehidupan sehari-hari" ungkapnya.

Senada dengan Nurfadilah, kepala MAN 2 Bukittinggi Amri J sangat apresiasi atas pencapaian tim MAN 2 Bukittinggi yang mengatasnamakan timnya dengan sebutan tim Mandubi.
"Tentunya ini berita yang sangat membahagiakan, setiap pekannya selalu ada prestasi yang dipersembahkan siswa MAN 2 Bukittinggi. Prestasi ini membuktikan bahwa MAN 2 Bukittinggi mampu menunjukkan eksistensi diri dari lokal, hingga nasional. Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi siswa lainnya, kami komitmen selalu memfasilitasi berbagai cabang lomba yang akan diikuti siswa" ungkap Amri J.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi bersama Kasì Pendidikan Madrasah, Aldy Heko Putra secara terpisah memberikan apresiasi atas berbagai prestasi yang diraih siswa madrasah Kota Bukittinggi akhir-akhir ini, termasuk prestasi yang baru saja diraih siswa MAN 2 Bukittinggi menjadi juara 2 pada cabang lomba Video Pembelajaran Matematika tingkat nasional yang diselenggarakan oleh STKIP Bandar Lampung. 

"Berbagai prestasi ini menunjukkan dedikasi dan usaha keras para siswa, guru pembina serta stakeholder Madrasah dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bidang pendidikan. Lomba Video Pembelajaran Matematika sangat kaya manfaat, baik bagi siswa, guru, maupun lembaga pendidikan, antara lain meningkatkan pemahaman, mengembangan kreativitas dan inovasi, meningkatkan kemampuan komunikasi, mengasah kemampuan teknologi dan memfasilitasi pembelajaran yang lebih menarik serta interaktif" jelasnya.

Selanjutnya kata Kakan Kemenag "Kompetisi seperti ini memberikan ruang bagi siswa untuk berkompetisi secara sehat dan mengukur kemampuan mereka dengan siswa dari sekolah lain, sehingga dapat memotivasi untuk belajar lebih giat lagi. Lomba ini pada akhirnya bertujuan untuk memajukan kualitas pendidikan, terutama dalam hal pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran yang lebih efektif dan efisien" tutupnya. (Yuli/Syafrial)


Editor: Syafrial
Fotografer: Syafrial