Sarilamak,Humas--Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan proses mengevaluasi kinerja kepala madrasah dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk mewujudkan Visi dan Misi Madrasah. Dimana komponen penilaian PKKM terdiri dari, usaha pengembangan/inovasi madrasah, pelaksanaan manajerial madrasah, pengembangan kewirausahaan, capaian prestasi. Hal tersebut ditegaskan oleh H.Irwan Kakan Kemenag Lima Puluh Kota dalam arahanya (19/11) pada kegiatan PKKM Kepala MTsN 4 Lima Puluh Kota.
Lebih lanjut dijelaskan,"Melalui PKKM ini Kakan Kemenag berharap kepada seluruh stakeholder pendidikan di madrasah untuk terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan secara maksimal, oleh sebab itu upaya pengembangan madrasah harus disusun secara terstruktur dan terprogram. Agar peta kemajuan madrasah dapat di evaluasi secara berjenjang dan terpadu.”jelas H.Irwan
Terkait dengan kinerja Kepala Madrasah, Kakan Kemenag berharap, "Kepala Madrasah merupakan sosok pimpinan lembaga yang harus mampu menjadi inspirator, penggerak, motivator serta pengayom bagi seluruh komponen yang ada, untuk melahirkan inovasi, kreasi layanan pendidikan. Kita menghadapi lompatan teknologi yang begitu cepat, kondisi tersebut mengharuskan Tenaga Pendidikan dan Kependidikan beradaptasi dengan perubahan lingkungan sosial peserta didik. “Kemenag Lima Puluh Kota berkomitmen memberikan kesempatan bagi tumbuh kembangnya kreativitas dan inovasi di madrasah.”Tegas Kakan Kemenag.
Ke depannya Kakan Kemenag mendorong seluruh elemen Madrasah untuk terus bertransformasi dalam membina sekaligus mengembangkan soft skill dan keterampilan peserta didik, kita harus membekali seluruh peserta didik dengan keterampilan sesuai dengan potensi terbaik peserta didik agar mereka mampu meraih sukses di kehidupan nyata.”Simpulnya
Kegiatan PKKM Kepala MTsN 4 Lima Puluh Kota dihadiri oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Kepala KUA Lareh Sago Halaban, Pengawas Madrasah, Penyuluh Agama Islam serta seluruh tenaga pendidik dan kependidikan MTsN 4 Lima Puluh Kota.
(APP)