Humas Polda Sumbar Ajak Siswa MAN 2 Padang Bijak Bermedia Sosial

Padang, humas --Ipda Enditiarman, Paur 2 Subbid Penmas Bidhumas Polda Sumatera Barat mengingatkan ribuan siswa MAN 2 Kota Padang untuk bijak bermedia sosial dan tidak menyebarkan berita bohong.

Enditiawarman menyebut, saat ini hampir setiap orang memiliki gadget, berbagai informasi dapat dengan mudah diakses oleh siapapun. Namun, kondisi ini justru dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk menyebarkan aib orang lain melalui alat tersebut.

"Bila ada seorang siswa atau guru di madrasah ini melakukan suatu kejahatan lalu kita viralkan, maka tindakan tersebut termasuk melanggar hukum,"ucapnya dihadapan ribuan siswa MAN 2 Padang di kampus Madrasah tersebut, Senin (11/09/2023).

Enditiarman mengatakan, disamping melanggar hukum negara, perbuatan menyebarkan aib teman maupun orang lain, juga termasuk dalam perbuatan yang dilarang dalam agama Islam.

"Bagi orang yang menyebarkan, aibnya juga akan dibuka di akhirat nanti, dan dosa orang tersebut akan berpindah kepadanya," kata Magister alumnus UIN Imam Bonjol Padang ini.

Enditiarman meminta siswa agar berhati-hati dengan berbagai model penipuan, seperti penipuan berkedok hadiah, pinjaman online, link virus, investasi ilegal, bea siswa palsu, kerja sama fiktif, tindak pidana dompet digital, hingga penipuan asmara.

"Yakinlah video yang tersebar yang disebabkan penipuan asmara, maka kamu akan jadi sasaran ATM berjalan bagi orang yang menyebarkan, hidupmu akan hancur," tegasnya.

ipda Enditiarman menyebutkan dalam bermedia sosial telah diatur oleh UU ITE no 18 tahun 2016. Menurutnya, membuat video maupun menyebarkan video aib orang lain akan tersangkut dengan kasus hukum.

"Sebelum mengunggah informasi dalam bentuk tulisan, foto ataupun video, harus dicermati dengan baik. Saringlah informasi itu dulu, sebelum di sharing," pinta Enditiarman.

Tak lupa, ia mengajak siswa untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif seperti membuat konten video kreatif dan bermanfaat bagi banyak orang. Justru video tersebut akan menghasilkan prestasi bagi siswa.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Padang, Akhri Meinhardi mendukung penuh langkah Humas Polda Sumbar dalam melakukan sosialisasi tentang bermedia sosial. Menurutnya, cara tersebut sangat efektif untuk menekan penyalahgunaan gadget dalam bermedia sosial.

Sosialisasi "Bijak Bermedia Sosial" oleh Humas Polda Sumatera Barat disambut antusias oleh ribuan siswa MAN 2 Kota Padang pagi itu. Nampak puluhan siswa bersemangat untuk bertanya tentang bagaimana etika bermedia sosial. ArulDp 


Editor: -
Fotografer: -