IGRA Kabupaten Solok Gelar Peragaan Manasik Haji

Koto Baru, Humas - Sebanyak 400 murid Raudhatul Athfal (RA) se-kabupaten Solok mengikuti manasik haji yang digelar oleh Ikatan Guru Raudathul Athfal (IGRA), Selasa (20/02) di Islamic Center Koto Baru.

Ketua Panitia Yulida Hafnel dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar secara mandiri dengan dukungan dana dari walimurid ini bertujuan untuk menngenalkan Ibadah Haji sebagai rukun Islam kelima kepada anak sejak dini.

"Harapannya selain menambah pengetahuan agama mereka, sekaligus motivasi buat diri mereka sendiri dan juga orang tua untuk melaksanakan rukun haji dengan syarat dan rukun sebagaimana disyariatkan dalam Islam," sebut Yulida Hafnel.

Diujung laporannya, disampaikan bahwa untuk pelaksanaan manasik haji ini, IGRA Kabupaten Solok mendatangkan mutawif yang akan memandu peserta melaksanakan manasik untuk melaksanakan seluruh rukun haji.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli yang membuka kegiatan manasik ini, mengapresiasi program dan upaya IGRA untuk mendekatkan anak dengan agama sejak dini.

"Semoga ananda semua nantinya jadi anak soleh dan soleha serta berkesempatan hadir di Baitullah dan merasakan sakralnya beribadah di tanah suci, haraoan yang sama untuk para orang tua / wali murid serta guru IGRA yang hadir menyukseskan manasik hari ini,"sampai Kakan kemenag.

Dalam kesempatan tersebut, Kakan Kemenag menyampaikan empat pesan berjudul empat mutiara untuk anak diusia dini, yakni Ilmu Pengetahuan, Iman, Ibadah dan Akhlak.

"Keempat mutiara ini akan menjadi bekal bagi seorang anak untuk mengarungi kehidupan ditengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, dan apabila tidak diiringi dengan iman dan ilmu yang dibarengi dengan ibadah dan akhlak yang baik maka akan menjadi hancur." ulas Kakan Kemenag.

Untuk itu sudah tepat kiranya apa yang dilakukan oleg IGRA bersama lembaga pendidikannya, yakni meletakan sadar agama dan iman untuk membentuk akhlak agar pengamalan ilmu tidak salah.

"Maka orangtua mari dukung program pendidikan di R.A dengan memperdalam pemahaman dan pengamalan oleh anak di rumah," tutup H. Zulkifli.

Usai memberikan sambutan, Kakan Kemenag melepas para peserta manasik ini untuk memulai rangkaian rukun haji yang dimulai dengan berangkat menuju Arafah untukm melaksanakan wukuf. Fendi


Editor: Fendi
Fotografer: Fendi