Implementasi Kurikulum Merdeka P5P2RA, MTsN 2 Solok Laksanakan Pemilu Ketua OSIM

Koto Baru, Humas – Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil alamin (P5P2RA) dengan Tema Demokrasi Pancasila, Sub Tema Pemilihan Ketua OSIM. Sebagai salah satu karakteristik dari implementasi Kurikulum merdeka, pelaksanakan pembelajaran berbasis proyek memiliki tema yang dapat dipilih.

MTsN 2 Solok Laksanakan Pemilu Ketua OSIM Periode 2024/2025 dengan Tiga Calon Dengan Nomor Urut 1. Aidil Aditya Pratama Nomor Urut 2. Aira Suganda Putri dan Nomor Urut 3 Mutiara Zakia.

Pemilihan Secara Langsung Umum Bebas dan Rahasia dilaksanakan di Lapangan Madrasah, Jumat (2/1).

Sejak berlakunya kurikulum merdeka pada tahun 2023 lalu. Kegiatan Proyek Profil Penguatan Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’Alamin (P5P2RA) menjadi daya tarik tersendiri. Proyek ini diklaim mampu meningkatkan kualitas dan mengembangkan bakat minat siswa untuk menjadi generasi yang produktif. Selain itu pembelajaran berbasis proyek juga dianggap sangat menyenangkan.

Bertempat di lapangan MTsN 2 Solok pemilihan diawali dengan debat bakal calon ketua OSIM dalam menyampaikan VIsi dan Misi Bakal Calon. Usai debat masing masing calon disunguhi pertanyaaan dari Kepala Madrasah, Kaur TU, Wakil Kepala, Majelis Guru, Perwakilan dari siswa dan siswi MTsN 2 Solok.

Dalam sambutanya kepala madrasah Erdinal, S.Ag menyampaikan “Pembelajaran ini berbasis proyek. Semuanya harus berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan ketua OSIM. Jika tidak maka berpengaruh kepada nilai masing-masing. Salah satu tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan karakter. Karakter yang aktif, kreatif, inovatif dan berpikir kritis,” ujarnya.

Guru sebagai Fasilitator berharap agar peserta didik dapat menerapkan pembelajaran ini saat berdemokrasi kelak. Menutup kegiatan, salah satu fasilitator mengucapkan terima kasih dan alhamdulillah atas kerja sama semua. “Tujuan kita agar ananda semua dapat memahami tentang kebhinekaan, saling kerja sama dan mampu berfikir kritis,” tambahnya. Rahmat | Fendi


Editor: Fendi
Fotografer: Rahmat