Ini Pesan Kakankemenag Dalam Kegiatan Pelepasan Siswa Kelas IX MTsN 7 Solok

Koto Baru, Humas - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM didampingi Kepala KUA Kecamatan X Koto Diatas, Idramis, S.Ag hadiri pelepasan siswa-siswi Kelas IX MTsN 7 Solok tahun pelajaran 2023/2024. Acara Pelepasan ini mengangkat tema “Tebarlah Gagasan, Petiklah Perubahan dan Raihlah Impian di Masa Depan”. Yang diikuti sebanyak 62 orang siswa kelas IX bertempat di halaman Madrasah setempat. Rabu (22/05).

Hadir dalam acara pelepasan tersebut, Camat X Koto Diatas diwakili Kasi Kesra, Gazali, Wali Nagari Tanjung Balik, Irfan Fiktoni, Kepala Sekolah SD yang berada di Nagari Tanjung Balik, Penghulu KUA Kecamatan X Koto Diatas, Ahmad Alefza, S.HI, Komite Madrasah, Ahmad Bin As dan seluruh warga MTsN 7 Solok serta wali murid.

Kakankemenag Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM dalam sambutannya menuturkan rasa kagum dan bangganya kepada siswa-siswa yang telah berhasil mengharumkan nama madrasah dengan prestasi dan ilmunya.

“Tidak hanya ilmu agama tapi juga pengetahuan umum yang nantinya bisa menjadi bekal untuk kehidupannya dimasa yang akan datang,” Ucapnya.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-05-22 at 22.12.43 (1).jpeg

H. Zulkifli, S.Ag, MM juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala MTs N 7 Solok dan semua dewan guru yang telah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dalam membina, mendidik dan membimbing bahkan menghantarkan siswa siswinya MTs N 7 Solok menjadi berprestasi.

“Salah satu kewajiban Pemerintah adalah mendidik anak-anak Indonesia melalui lembaga Kementerian Agama Republik Indonesia, maka Kementerian Agama membuat tempat didik di mulai dari RA, MI, MTs, MA sampai ke tingkat Perguruan Tinggi Islam,” Ujar  H. Zulkifli.

Selain itu, Kakankemenag Kabupaten Solok juga menjelaskan ada empat kompetensi yang kiranya dapat dilatih oleh peserta didik. Keempat kompetensi itu adalah keterampilan berpikir kritis, keterampilan kreativitas, keterampilan berkomunikasi, serta keterampilan berkolaborasi.

Menutup sambutannya, H. Zulkifli, berpesan kepada orang tua wali murid agar selalu bertanya dan mengawasi atau memantau kegiatan anak-anaknya karena sedang dalam masa pertumbuhan dan untuk anak-anak yang mengikuti pelepasan pada hari ini bahwa perjalanan belum selesai sampai disini, perjalanan masih panjang dan selalu berpikirlah gantungkan cita-cita setinggi langit serta selalu bercita-cita yang besar dalam mengapai masa depan yang cemerlang.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-05-22 at 22.13.00 (1).jpeg

Sebelumnya, Kepala MTs Negeri 7 Solok, Wastariddarima, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh wali murid yang telah memberikan kepercayaan kepada MTs N 7 Solok sebagai lembaga pendidikan bagi putra-putrinya dan mendo’akan agar kelak berhasil di masa depan, sukses dengan bekal ilmu yang berkah, bermanfaat, berguna bagi bangsa dan Negara serta masyarakat sekitar dan dapat membahagiakan orang tuanya.

Wastariddarima berharap perpisahan ini bukan akhir dari segalanya dan semoga silaturahmi keluarga besar MTsN 7 Solok dengan siswa-siswi yang sebentar lagi menjadi alumni tetap terjalan dengan baik.

“Agar siswa-siswi terus semangat dalam menuntut ilmu demi meraih cita-cita yang diimpikan,” harapnya.

Kepala Madrasah juga menyebutkan bahwa sebelum kegiatan pelepasan kelas IX ini, juga ada kegiatan AKUMANTAB (Ajang Kompetensi Ukhuwah Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjung Balit) yang berlangsung selama tiga hari dengan kegiatan Lomba PBB, Folly Ball, MSQ, Solo Song, Fashion Muslimah dan Tahfizd.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-05-22 at 22.11.02.jpeg

Terakhir, Wastariddarima menyebutkan Siswa-siswi MTsN 7 Solok sebanyak 2 orang dari siswa kelas IX tersebut telah diterima di SMAN 2 Sumbar, 1 orang di MAN IC Padang Pariaman atas nama Daffa Zikry. Sebagiannya juga telah mendaftar dibeberapa Madrasah Aliyah maupun SMA/SMK di Sumatera Barat.

Acara pelepasan siswa kelas IX ini diisi dengan penampilan bakat dan kreasi siswa yang berlangsung sukses dan meriah. N.DY

 

 


Editor: Nofri Hendri
Fotografer: Nofri Hendri