Integritas, Soliditas dan Kinerja, Topik Utama Amanat Kakanwil Mahyudin pada Apel Pagi

Padang (Humas)- Penghujung  November, apel pagi yang digelar di halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumbar  dipimpin langsung oleh Kakanwil Kemenag Sumbar H Mahyudin, Senin, (27/11/2023). 

Dalam amanat, Kakanwil Mahyudin menyampaikan beberapa catatan penting, diantaranya percepatan realisasi anggaran jelang akhir tahun 2023, peningkatan kinerja, integritas dan spirit membangun kekompakan dalam bekerja.

Kakanwil menuturkan, bahwa tak berapa lama lagi akan mengakhiri tahun anggaran 2023, untuk itu program yang sudah diagendakan 2023 segera perlu direalisasikan.

Mengingat realisasi anggaran Provinsi Sumbar masih berada jauh dibanding provinsi lain, hal ini harus digesa. Terutama yang perlu sekali menjadi catatan sekaligus perhatian adalah anggaran besar. Apakah itu anggaran SBSN yang ada di bidang pendidikan madrasah, PPK dan jajaran pengelola keuangan Kanwil Kemenag Sumbar.

“Ketika progres kegiatan sudah selesai, maka segera dilakukan proses pembayaran. Begitu pula SBSN yang ada di Kemenag Kabupaten/Kota, KUA dan manasik haji agar tetap dimonitor terus oleh Kabid terkait, sehingga kegiatan itu bisa tuntas. Dan tak kalah penting dibayarkan sesuai progres yang sudah dicapai,” pesannya menyebut topik pertama.

Kedua, dalam amanat Kakanwil mengingatkan aparatur untuk terus meningkatkan kinerja. Tidak hanya sekadar hadir dikantor, namun yang utama adalah tujuan dan apa yang dilakukan untuk perbaikan kinerja di masa mendatang.

“Kami tidak ingin, ada persoalan yang muncul ke permukaan karena kelalaian aparatur dalam bertugas. Jika hal ini terjadi, saya akan kejar sampai persoalan itu tuntas dan dapat dipertanggungjawabkan, sehingga tidak menimbulkan masalah baru dikemudian hari,” katanya.

Begitu juga kegiatan lain untuk segera disisir dan segera dilaksanakan. Misalnya data jemaah haji, data madrasah, dan sebagainya.

Ketiga, Kakanwil mengimbau jajarannya untuk mengedepankan kekompakan dan satu hati dalam bekerja. Ia menginginkan semangat, integritas dan kebersamaan keluarga besar Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar untuk meningkatkan kinerja dan kapabilitas seluruh pegawai.

“Kami mengharapkan agar bekerja dengan solid, kita satukan hati kita, dengan catatan kita bekerja dengan serius tanpa menghiraukan hal hal yang merusak semangat kerja itu sendiri,” pintanya.

Menurutnya hal itu merupakan wujud kepedulian terhadap lembaga, perlunya menjalin kekompakan dan kesolidan antar sesama pegawai, sehingga dapat memberikan energi baru yang dapat meningkatkan produktivitas kinerja.

“Kerjakan tugas dan fungsi sesuai tupoksi masing masing, sehingga tidak ada persoalan yang muncul setelahnya.” Ajak Kakanwil.

Selanjutnya Kakanwil mengajak agar seluruh komponen pegawai Kanwil Kemenag Sumbar dapat mengenyampingkan kepentingan masing-masing untuk bersatu dan melangkah bersama untuk memajukan Kanwil Sumbar. 

“Lahirkan program, tingkatkan kinerja, bekerja dengan ikhlas insyaallah rezeki yang akan datang lebih berkah,” katanya.

Apel diikuti oleh Kabag TU H Miswan, Kabid Papkis H Naharudin, Kabid Penmad H Hendri Pani Dias, Kabid Penaiszawa H Yufrizal, Kabid Urais H Edison, Kabid PHU H Ramza Husmen,  Pembimas Kristen Yesri Elvis, Pembimas Katolik  Hendrikus Joni, Pembimas Buddha Muryadi Eko Priyanto,  Pembimas Hindu Jumadi, para Ketim masing masing bidang, seluruh pegawai internal baik ASN ataupun Non ASN.(vera)

 


Editor: -
Fotografer: -