IPARI Kota Solok Gelar "Sapa Jamaah" di Masjid Al-Amin, Tingkatkan Partisipasi Umat

Kota Solok – Dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan keagamaan, Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) Kota Solok menggelar program "Sapa Jamaah" di Masjid Al-Amin Simpang Rumbio, Kecamatan Lubuk Sikarah, pada Jumat (27/9/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh para penyuluh agama se-Kota Solok dan P3K.


Ketua IPARI Kota Solok, Jondrizal, menjelaskan IPARI Kota Solok, merupakan organisasi profesi di Kementerian Agama dalam programnya ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara penyuluh agama dengan masyarakat, serta memotivasi masyarakat untuk lebih aktif dalam kegiatan keagamaan di masjid. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk menyampaikan informasi dan edukasi keagamaan kepada masyarakat.
 

Empat tugas utama penyuluh agama adalah: (1) Informatif: Memberikan informasi keagamaan kepada masyarakat. (2) Edukatif: Mendidik dan mengajarkan ajaran agama. (3) Konsultatif: Menjadi tempat konsultasi bagi umat dalam menyelesaikan masalah keagamaan. (4) Advokatif: Membela dan melindungi hak-hak umat


Dalam kegiatan tersebut, Ust. Samsudin, menyampaikan ceramah mengenai pentingnya menjaga diri dan keluarga dari bahaya penyakit masyarakat seperti narkoba dan pergaulan bebas. Beliau juga menekankan pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak-anak.


Pengurus Masjid Al-Amin, Zubir Can, menyambut baik kegiatan ini dan berharap program serupa dapat terus dilaksanakan. "Kami sangat berterima kasih atas kunjungan IPARI. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi kami untuk lebih menggiatkan kegiatan keagamaan di masjid," ujarnya.
 

Kegiatan "Sapa Jamaah" diakhiri dengan shalat Isya berjamaah dan foto bersama. (helda/krz)

 


Editor: Risna
Fotografer: helda/Krz