Jadi Pembina Upacara, Abdul Aziz, S.Pd.I Ingatkan Pentingnya Tanggung Jawab Bagi Siswa MTsN 3 Solok

Koto Baru, Humas - Upacara bendera setiap senin pagi menjadi momen bagi pembentukan karakter siswa. Pada saat mengikuti upacara bendera para peserta didik diberikan berbagai nasehat dan amanat dari pembina upacara untuk membentuk karakter dan akhlakul karimah.

“Tentu kalian telah sering mendengar akan istilah tanggung jawab. Namun sudahkah kalian telaah dan laksanakan setiap tanggung jawab sebagai seorang siswa? mari kita menguliknya Kembali,” ujar Abdul Aziz, S.Pd.I saat memberikan amanat pada upacara bendera yang dilaksanakan di lapangan madrasah setempat. Senin (04/03) pagi.

Diawal amanatnya Abdul Aziz memberikan apresiasi kepada pelaksana upacara dari kelas VII C. “Ananda telah melaksanakan tugas dengan baik, penuh tanggung jawab, dedikasi tinggi dan kedisiplinan sehingga upacara berjalan khidmat, lancar, tertib dan mengedukasi. Jika ada beberapa kesalahan tentunya akan menjadi pelajaran berharga untuk kedepannya dan untuk kelas-kelas yang akan tampil nantinya,” puji Aziz.

Diamanatnya Aziz meyebutkan, siswa telah paham betul apa yang menjadi tanggung jawab mereka sebagai seorang pelajar, namun masih ada sebagian yang lupa bahwa siswa pun memiliki tanggung jawab.

“Belajar dengan sungguh-sungguh, mengerjakan setiap tugas tepat waktu, hingga menaati setiap tata tertib madrasah adalah bentuk tanggung jawab siswa. terkadang ada siswa yang masih lupa mengerjakan PR, membolos, hingga melanggar tata tertib madrasah secara sadar,”jelasnya di hadapan siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Solok.

Aziz menjelaskan, jika hanya pada titik kepahaman saja, maka tanggung jawab tidak akan dapat diaplikasikan dengan sungguh-sungguh. “Sebagai siswa tentu kalian bukan hanya harus mampu memahami, namun juga menjalani dengan baik setiap tanggung jawab kalian. Jika masih malas belajar, berarti dalam diri kalian belum tertanam secara kuat makna sesungguhnya dari tanggung jawab,” katanya.

Sikap bertanggung jawab lanjutnya, yang lahir dan dibina sejak dini, tentu akan membawa dampak besar di masa depan siswa, tutur Aziz.  Di akhir amanatnya Aziz memberikan pandangan kritis perihal tanggung jawab kepada siswa demi memantapkan rasa bertanggung jawab di diri masing-masing.

“Ingatlah, jika kalian bersekolah hanya karena ingin bertemu teman, tidak ingin dimarahi orangtua di rumah, atau karena ingin mendapat uang jajan, maka perbaiki Kembali niat kalian tersebut. Kalian tentu sadar penuh bahwa fungsi utama sekolah adalah untuk belajar. Maka mantapkanlah hati kalian agar niat menuntut ilmu tersebut Kembali terbersit di diri kalian masing-masing,” tutupnya.

Kepala MTsN 3 Solok, H. Kamsuir, S.Pd.I,M.Pd.I mengucapkan terima kasih banyak atas motivasi yang diberikan bagi siswa. Dengan melaksanakan upacara yang hakikatnya adalah bentuk meningkatkan disiplin warga madrasah, mari kita bersama sama meningkatkan disiplin di madrasah,”harapnya.

Dengan adanya suntikan motivasi ini, Kamsuir berharap keluarga besar MTsN 3 Solok terus memacu diri untuk mencatatkan prestasi baik dibidang akademik, seni, olahraga dan pramuka.

Pelaksana Upacara Bendera yang bertugas pada hari ini kelas VII.C  dengan wali Kelas Ibu Tivani Thamrin, S.Pd. N.DY


Editor: N.DY
Fotografer: Ilma