Jamaah akui puas dengan layanan haji Tahun ini

Padang, Humas -- Proses pemulangan jamaah haji Debarkasi Padang sudah memasuki fase pemulangan gelombang dua, dengan kembalinya Kloter 11 Padang menandai berakhirnya fase pemulangan jamaah haji gelombang pertama.

Hari ini Sabtu 06 Juli 2024, tepat pukul 04.23 WIB  telah sampai di asrama haji Debarkasi Padang sebanyak 392 orang jamaah haji Kloter 11 Padang dengan jumlah 392 orang, kurang satu orang dari awal berangkat 393 orang disebabkan satu orang meninggal dunia atas nama Jhony Herman pada tanggal 29 Juni 2024 setelah selesai melaksanakan rangkaian ibadah haji.

Disela-sela kedatangan jamaah, PPIH Debarkasi menyempatkan diri mengevaluasi layanan yang diberikan kepada jamaah. Evaluasi berupa pengisian survey secara online yang dapat diisi oleh jamaah kapan saja dan di mana saja. Dari 630 orang jamaah yang telah mengisi survey hingga tanggal 3 Juli kemaren, alhamdullillah jamaah menyampaikan rasa puas dengan memberi rating baik terhadap layanan yang diberikan, hal ini diungkapkan oleh Sekretaris PPIH Debarkasi Padang, H. Ramza Husmen berdasarkan hasil pantau Tim Survey.

Metode kedua untuk mendapatkan feedback terhadap layanan, PPIH Debarkasi Padang secara langsung mewawancarai jamaah. Untuk Kloter 11 Kali ini dari beberapa orang yang diwawancarai semua merespon baik.

Adalah Ulyadi Yesmar seorang Petugas Haji Daerah, mewakili jamaah menyampaikan appresiasi dan terimakasih  atas layanan sangat baik yang diberikan petugas mulai dari asrama haji, di pesawat, sampai di Mekkah, Medinah dan kembali lagi ke Debarkasi Padang. 

Ia menyampaikan lagi, layanan baik dari petugas menghantarkan jamaah Kloter 11 hingga selesai rangkaian ibadah dengan lancar dan sukses, tak ada sakit dan jamaah merasa senang.

Kemudian ia juga menyampaikan merasa senang atas penyambutan yang luar biasa oleh PPIH Debarkasi Padang mulai dari pesawat, membantu lansia, transportasi dan semuanya berjalan lancar dan ia melihat alhamdulillah  semua jamaah senang dengan sambutan ini, pungkasnya.

Lain lagi dengan bapak tua berjenggot, menggunaan pakaian serba putih  Zulhendri asal Kota Padang, dengan semangat juang 45 beliau hanya mampu berkata " Sangat Memuaskan".

 

Kemudian seorang jamaah asal Bukittinggi bernama  Jhon  Asri bernada serupa dengan jamaah lainnya, menyampaikan rasa puasnya terhadap pelayanan koper jamaah haji Tahun ini, dibandingkan saat ia berangkat haji beberapa tahun silam. 

Dan kemudian, masih dengan nada penuh semangat seorang jamaah perempuan bernama Eri Susanti yang sempat ditemui petugas juga mengatakan,"senang atas penyambutan yang luar biasa dan diluar ekspertasinya, mulai penyambutan ditangga pesawat hingga penyambutan dan pelayanan ketika sampai di asrama haji Debarkasi Padang. Atas pelayanan yang luar biasa ini ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terkait pelayanan haji dan berharap kedepan Kementerian Agama makin baik dalam pelayanan jamaah haji. 


Editor: YMA
Fotografer: YMA