Jemaah Haji Kabupaten Solok Ikuti Tes Kebugaran

Koto Baru, Humas- Jemaah Haji Kabupaten Solok tahun 1445 H / 2024 M mengikuti pemeriksaan kebugaran yang digelar oleh Dinas Kesehatan, Sabtu (25/2) di Labor Kesehatan Koto Baru.

Para jemaah yang masuk dalam estimasi keberangkatan ini mengikuti tes kebugaran yang merupakan bagian dari persiapan yang harus dilakukan jemaah sebelum berangkat ke tanah suci.

"Istitha'ah kesehatan dan pemeriksaan kebugaran ini merupakan bagian dan persyaratan jemaah sebelum berangkat ke tanah suci selain persyaratan adminitrasi yang telah mulai dipersiapkan sejak awal Januari 2024 lalu," ujar kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok yang ditemui disela mendampingi jemaah bersama Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Sesmadewita.

H. Zulkifli juga menyebutkan, persyaratan dan proses pelunasan dan persiapan keberangkatan haji tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Sekarang jemaah yang nomor porsinya masuk estimasi keberangkatan mengikuti istitha'ah kesehatan di rumah sakit atau puskesmas yang ditentukan oleh Dinas Kesehatan. Setelah datanya terinout dan dinyatakan layak dalam aplikasi Siskohat baru melakukan pelunasan.

"Pemeriksaan kebugaran ini tujuannya untuk memberikan pendampingan sekaligus persiapan pada jemaah untuk mempersiapkan fisik mengikuti rangkaian ibadah haji yang cukup menguras tenaga di tanah suci nanti," ulas H. Zulkifli.

Kepada jemaah H. Zulkifli berpesan untuk mengikuti anjuran dan petunjuk dari petugas dan paramedis dalam menjaga kondisi fisik menjelang keberangkatan, baik dengan olahraga dan pola makan sehat yang disertai menambah dengan vitamin yang cocok dengan kondisi tubuh.

"Kita berharap mengikuti anjuran dan petunjuk dari paramedis dan petugas kesehatan, agar jemaah kondisinya prima saat berangkat ke tanah suci nanti, disamping juga mempersiapkan mental dan pemahaman rukun haji melalui manasik baik online maupun offline," tutup H. Zulkifli. Fendi

 


Editor: Fendi
Fotografer: Fendi