Jemaah Haji Kabupaten Solok Tergabung dalam Kloter XV Embarkasi Padang

Koto Baru, Humas - 160 Jemaah Haji tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) XV Embarkasi Padang yang dijadwalkan masuk asrama haji pada tanggal 28 Mei 2024 ini dan terbang menuju Jeddah esok harinya.

"Jumlah jemaah haji kita 167 orang, 160 masuk dalam kloter XV sedangkan tujuh orang yang dari kuota cadangan masuk akan tergabung dalam kloter XVII atau kloter terakhir dari Embarkasi Padang." ujar Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli.

Disampaikan oleh Kakan Kemenag, terkait keberangkatan jemaah haji yang tidak sampai satu bulan lagi, pihaknya terus mempersiapkan dengan matang, baik secara administrasi maupun persiapan jemaah secara psikis dan yang tak kalah pentingnya adalah manasik.

"Untuk manasik, selain manasik yang dilakukan dalam beberapa kali pertemuan, jajaran Kemenag Kabupaten Solok siap membantu jemaah dalam menikmati manasik sepanjang tahun. Selain seksi penyelenggaya Haji dan Umrah, manasik juga diberikan oleh KUA Kecamatan yang didukung oleh Penghulu dan Penyuluh Agama," ulas Kakan Kemenag

Kakan Kemenag menyebutkan untuk keberangkatan nanti, Rombongan Jemaah Haji Kabupaten Solok akan bertolak dari Islamic Center Koto Baru dengan dilepas secara resmi oleh Bupati Solok dan diantar langsung oleh Pemerintah Daerah menuju Embarkasi pada Selasa 28 Mei 2024 dan bertolak menuju Jeddah dari BIM pada 29 Mei 2024.

"Ada beberapa proses yang akan dijalani oleh jemaah selama lebih kurang 24 jam berada di Asrama Haji Tabing, diantaranya pemeriksaan kesehatan, proses imigrasi dan lainnya. Termasuk proses boarding dilakukan di asrama haji, nanti turun dari bus jemaah langsung naik pesawat," terang Kakan Kemenag.

Sedangkan untuk seremonial pelepasan secara resmi oleh Pemerintah Daerah masih menunggu jadwal dari Bagian Kesra karena menyesuaikan dengan jadwal Bupati.

"Untuk keberangkatan menuju Asrama Haji Embarkasi Padang, ditanggung oleh Pemerintah Daerah, untuk itu kita haturkan Terima Kasih pada bapak Bupati Solok dan jajaran atas dukungannya pada penyelenggaraan haji tahun ini," tutup Kakan Kemenag. Fendi


Editor: Fendi
Fotografer: Fendi