Kanwil Kemenag Sumbar Laksanakan Upacara Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024

Padang, humas - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Selasa, (01/10/2024) di halaman Kanwil Kemenag Sumbar. Bertepatan dengan hari jadi Provinsi Sumatera Barat, upacara kali ini semua ASN mengenakan pakaian khas daerah Sumatera Barat.

Bertindak sebagai instruktur upacara Kepala Bidang Pendidikan Agama danPendidikan Kegamaan (PAPKIS) H Joben mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat, yang diikuti pejabat Eselon III, Ketua Tim, JFT dan JFU Kanwil Kemenag Sumbar.

Dalam amanatnya H Joben menyampaikan bahwa Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi bangsa ini yang dirumuskan dengan sangat matang melalui berbagai pertimbangan. 

Dikatakannya lima sila dari Pancasila merupakan paket komplit yang saling bertautan dan mempunyai kekuatan untuk menjaga kedaulatan bangsa dan negara ini.

“Ideologi Pancasila akan tetap ada selama-lamanya selama seluruh bangsa Indonesia menyepakatinya,” jelasnya.

Menurutnya upacara kali ini menjadi momentum untuk memperbaiki diri, introspeksi, dan mengenang jasa para pahlawan yang sudah gugur dan berkorban untuk negara ini.

 “ Ayo kita jadikan momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dengan merenungi dan mengamalkan pengamalan kelima sila di dalamnya. Jadilah ASN yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta selalu menjaga persatuan dan kesatuan sehingga ikatan kita semakin kokoh," tutupnya.(vera)


Editor: vethriarahmi
Fotografer: EGN