Kakan Kemenag Kota Padang Pantau ANBK MAN 1 Kota Padang

Padang, Humas – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Edy Oktafiandi meninjau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasais Komputer (ANBK) MAN 1 Kota Padang, Kamis (31/8) di ruang Computer Base Test (CBT) AN 1 Kota Padang.

Edy mengatakan bahwa tujuan peninjauan ini adalah dalam rangka memastikan kesiapan madrasah dalam melaksanakan ANBK sebagai upaya pemeritah untuk melakukan pemetaan dan untuk memastikan sejauh mana madrasah mampu melaksanakan proses pembelajarannya.

“Terutama dengan hal yang terkait dengan literasi sebagai hal yang harus dikembangkan oleh setiap madrasah.  Dengan penanaman literasi ini siswa kita akan mempunyai wawasan karena membaca adalah kunci ilmu pengetahuan,” jelasnya.

Edy juga mengatakan bahwa sepanjang pengamatan soal yang disajikan adalah ternyata meminta nalar dan pemamahan siswa serta meminta kesimpulan dari sebuah teks yang disediakan. Maka pada mata pelajaran apa saja, maka literasi sangat penting.

Ketika kru humas MAN 1 Kota Padang menanyakan tentang hasil ANBK, Edy mengatakan sangat berharap nilainya akan bagus karena menentukan nilai madrasah. Apabila hasilnya kurang memuaskan  maka akan diambil terobosan baru.

“Kita berharap agar nilai ANBK ini baik. Tapi bila nilai di luar harapan maka kita akan membuat sebuah perencanaan dan metode terbaik untuk siswa kita untuk meningkatkan kemampuan akademik mereka melalui literasi itu sendiri,” jelasnya lagi.

Dari hasil pemantauan ini,  Edy Oktafiandi mengatakan bahwa sepanjang peninjau dan pemantauannya, pelaksanaan ANBK ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Senada dengan itu teknisi ANBK MAN 1 Kota Padang, Septa Oki Chandra mengatakan bahwa proses ANBK ini lancar dan tidak ada halangan yang berarti. Namun, bila ada ganguan, semuanya dapat diatasi secara cepat.(Ai)


Editor: -
Fotografer: -