Kakankemenag Buka Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 3 Solok

Koto Baru,  Humas - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM membuka Kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Melalui Pembelajaran Berintekrasi dan Berliterasi sekaligus memberikan pembinaan kepada Pegawai MAN 3 Solok yang dilaksanakan di aula MAN setempat. Senin (10/06).

Peserta dalam kegiatan ini adalah para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada MAN 3 Solok sebanyak 43 orang yang dilaksanakan selama empat hari mulai dari tanggal 10 s.d 13 Juni 2024.

Dalam dalam sambutannya, Kakankemenag menyampaikan ada 3 hal yang harus diperhatikan disaat kita melaksanakan Workshop. Pertama hal-hal spesifik, persoalan mendasar  menjadi tujuan utama yang harus dibicarakan, selanjutnya setiap permasalahan dalam pendidikan harus dimuasyawarahkan, terkait dengan karakter apa yang diharapkan.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-06-11 at 09.04.36.jpeg

“Karena Kurikulum Merdeka bisa menjawab persoalan-persoalan peserta didik, dalam membangun karakater siswa dan yang terakhir memberikan solusi dan komitmen,” Ucap Kakankemenag.

Selain itu, Kakankemenag juga menyampaikan Guru harus senantiasa mengasah kemampuan dalam mengelola pelajaran dikelas dan menciptakan situasi yang menyenangkan untuk mendukung perkembangan peserta didik secara maksimal.

“Guru sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar di ruang kelas. Karena menjadi kreator dan penentu dalam usaha terciptanya proses dan hasil belajar yang berkualitas, serta berperan sebagai model bagi peserta didik," imbuhnya.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-06-11 at 09.04.36 (2).jpeg

Mengakhiri sambutannya Kakankemenag mengajak para ustadz - ustazdah MAN 3 Solok membenahi diri agar memiliki kunci dalam sebuah keberhasilan. Pertama melalui niat, selanjutnya melakukan inovasi - inovasi di Madrasah dan terakhir mau berkolaborasi untuk bisa mencapai  keberhasilan tersebut.

Dan diharapkan kegiatan Workshop ini bisa berlangsung dengan lancar dan siap mendukung program pemerintah dalam mewujudkan kurikulum merdeka bagi madrasah pada umumnya dan bagi MAN 3 Solok khususnya.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-06-11 at 09.04.36 (1).jpeg

Sebelumnya Kepala Madrasah, H. Yulfentri, S.Pd, MM dalam sambutannya menyampaikan Workshop Kurikulum Merdeka adalah kegiatan persiapan bagi para ustadz - ustadzah MAN 3 Solok dalam rangka menyambut Tahun Pembelajaran 2024/2025.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Tim Pengembang Kurikulum Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Epi Yarlis, S.Pd, M.Si.

Kegiatan Workshop ini bertajuk “Merdeka Belajar, Gali Potensi Lebih Besar” Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia. N.DY


Editor: Nofri Hendri
Fotografer: Nofri Hendri