Kakankemenag Buka Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di MTsN 4 Solok

Koto Baru,  Humas - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok, H. Zulkifli, S.Ag, MM membuka Kegiatan Workshop Implementasi Kumer Berbasis Berdisferesiansi dan Pendampingan KOM di MTsN 4 Solok yang dilaksanakan di aula Madrasah setempat. Selasa (09/07).

Peserta dalam kegiatan ini adalah para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada MTsN 4 Solok sebanyak 30 orang yang dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 09 s.d 10 Juli 2024.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-07-10 at 08.41.36 (2).jpeg

Dalam dalam sambutannya, Kakankemenag menyampaikan ada  tiga hal yang harus diperhatikan disaat kita melaksanakan Workshop. Pertama hal-hal spesifik, persoalan mendasar  menjadi tujuan utama yang harus dibicarakan, selanjutnya setiap permasalahan dalam pendidikan harus dimuasyawarahkan, terkait dengan karakter apa yang diharapkan.

“Karena Kurikulum Merdeka bisa menjawab persoalan-persoalan peserta didik, dalam membangun karakater siswa dan yang terakhir memberikan solusi dan komitmen,” Ucap Kakankemenag.

Selain itu, H. Zulkifli juga menyampaikan bahwa Moderasi Beragama salah satu hal penting dalam terwujudnya cita-cita madrasah.

Untuk itu, dalam pengelolaan madrasah diperlukan empat hal yakni Manajerial atau Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Pengelolaan Kurikulum dan Pengelolaan Informasi.

Description: C:\Users\Win 10 Pro\Downloads\WhatsApp Image 2024-07-10 at 08.41.36.jpeg

Kakankemenag berharap, setelah mengikuti workshop ini para tenaga pendidik MTsN 4 Solok mampu membawa madrasah berada di garda terdepan pendidikan Kabupaten Solok. Prestasi dan pencapaian yang diraih tahun kemarin akan semakin banyak dan lebih baik lagi.

Mengakhiri sambutannya Kakankemenag mengajak para ustadz - ustazdah MTsN 4 Solok membenahi diri agar memiliki kunci dalam sebuah keberhasilan. Pertama melalui niat, selanjutnya melakukan inovasi - inovasi di Madrasah dan terakhir mau berkolaborasi untuk bisa mencapai  keberhasilan tersebut dan kegiatan Workshop ini bisa berlangsung dengan lancar serta siap mendukung program pemerintah dalam mewujudkan kurikulum merdeka bagi madrasah pada umumnya dan bagi MTsN 4 Solok khususnya.

Sebelumnya Kepala Madrasah, Hj. Nurhayati, S.Pd, MM dalam sambutannya menyampaikan Workshop Kurikulum Merdeka adalah kegiatan persiapan bagi para ustadz - ustadzah MTsN 4 Solok dalam rangka menyambut Tahun Pembelajaran 2024/2025.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Pengawas Madrasah Kemenag Kabupaten Solok, Ulil Amri, S.Pd.I. Peserta dalam kegiatan ini mengikuti kegiatan dengan antusias. N.DY


Editor: Nofri Hendri
Fotografer: Nofri Hendri