Kakankemenag Kota Pariaman Pimpin Rapat Persiapan Pemilihan Masjid Percontohan dan Ramah (Ampera) 2024 di Kota Pariaman.

Pariaman-Humas, Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Masjid Percontohan dan Ramah (Ampera) tahun 2024, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman, H. Rinalfi, pimpin rapat persiapan yang dihadiri oleh Kasi Bimas Islam,Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam se-Kota Pariaman bertempat di aula Kantor Kementerian Agama Jalan Abdullah Desa Air Santok, Selasa 23/07/2024.

Dalam arahannya, H. Rinalfi menjelaskan tujuan pemilihan masjid percontohan dan ramah ini adalah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan masjid khususnya di Kota Pariaman. Masjid yang terpilih nantinya diharapkan menjadi contoh bagi masjid lainnya dalam hal pengelolaan, pelayanan, dan pembinaan umat.

Lebih lanjut, H. Rinalfi menjelaskan bahwa kriteria masjid percontohan dan ramah meliputi beberapa aspek diantaranya, Ramah anak yaitu masjid harus menyediakan ruang khusus untuk anak-anak, seperti taman bermain dan tempat belajar. Masjid juga harus menyelenggarakan kegiatan yang ramah anak, seperti pengajian anak dan lomba-lomba keagamaan. Ramah lansia yaitu masjid harus menyediakan fasilitas yang ramah lansia, seperti adanya fasilitas kursi roda, toilet khusus lansia, dan tempat wudhu yang mudah dijangkau. Masjid juga harus menyelenggarakan kegiatan yang ramah lansia dan pengajian lansia. Ramah lingkungan yaitu masjid harus menerapkan prinsip ramah lingkungan dalam pengelolaannya, seperti hemat energi, hemat air, dan pengelolaan sampah yang baik. Masjid juga harus menyelenggarakan kegiatan yang ramah lingkungan, seperti edukasi tentang lingkungan hidup.

Di sisi lain, Kasi Bimas Islam, Syaiful Azhar memaparkan materi tentang petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan anugerah masjid percontohan dan Ramah Tahun 2024.

Rapat tersebut diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab seputar persiapan pemilihan masjid percontohan dan ramah Tahun 2024 di Kota Pariaman.(Meri/Ikhlas)


Editor: Meri
Fotografer: Meri