Kakanwil Apresiasi Sumbar Peraih Medali Terbanyak pada Ajang Olimpiade PAI Nasional 2023, Berikut Nama Peraih Medali

Padang (Humas)- Kakanwil Kemenag Sumbar H Mahyudin mengapresiasi torehan prestasi Sumatera Barat pada ajang Olimpiade PAI Tingkat Nasional Tahun 2023.

Menurutnya capaian tersebut tidak terlepas dari peran aktif Guru PAI, siswa dan orang tua dalam mendidik para siswa. Selain itu mitra Kemenag dalam hal ini AGPAII Sumbar juga turut memberi sumbangsih besar terhadap keberhasilan siswa siswi.

Mahyudin memberikan apresiasi dan ucapan selamat atas keberhasilan tim Sumbar pada kegiatan Olimpiade PAI Tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh DPP Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), Jumat-Ahad, 15-17 Desember 2023.

Sementara itu ucapan yang sama dilontarkan Kabid Papkis H Naharudin kepada seluruh tim yang terlibat dalam ajang olimpiade PAI Nasional tersebut.

“Teruslah berbuat untuk negeri, jangan cepat berpuas diri dan lanjutkan perjuangan dan tetap bersyukur apapun peringkat dan medali yang diperoleh,” pesannya.

Ketua DPW AGPAII Provinsi Sumbar Rimelfi menyebut Olimpiade PAI Nasional merupakan ajang tahunan bagi siswa / i SD, SMP, SMA/SMK se-Indonesia. 

Untuk tahun 2023 ini, Final Olimpiade PAI Tingkat Nasional diselenggarakan di Kota Malang Jawa Timur pada tanggal 16 & 17 Desember 2023.

Sedangkan Kontingen Sumatera Barat mengirim 9 orang peserta,  didampingi 11 orang Guru Pembina dan 3 orang Pengurus AGPAII Sumbar.

“Alahmdulillah Tahun 2023 ini Sumatera Barat peraih medali terbanyak,” katanya.

Pada ajang Final Tahun ini, disamping mengerjakan butir soal, para finalis tingkat SMP membuat essay tentang isu-isu sosial dengan tema social Culture in Education & Moderation. Sedangkan tingkat SMA merumuskan ide dan gagasan serta mempresentasikan tema yang sama, untuk masa depan Indonesia yang lebih baik dengan tema yang sama.
Sedangkan untuk para pemenang mendapatkan :
1. 10 besar jenjang SD dan SMP mendapatkan tabanas 1 juta rupiah
2. 10 besar jenjang SMA/SMK mendapatkan reward  traveling 3 negara (Malaysia, Singapura, Thailand).

“Sekali lagi Alhamdulilah 9 orang peserta utusan Sumbar 8 orang  masuk 10 besar. Ketua DPW AGPAII SUMBAR, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dan Kepala Kanwil Kemenag Sumbar dalam hal ini Bidang PAPKIS mengucapkan apresiasi yang luar biasa untuk Kontingen Sumatera Barat yang telah mengharumkan nama Sumbar di Tingkat Nasional.” Ungkapnya.(vera)

Berikut rincian para peraih medali dari tim Sumatera Barat,

Untuk tingkat SD: 

1. ALYA LUTFHI SD IT MADANI ISLAMIC SCHOOL 
PAYAKUMBUH Sumatera Barat : Medali  EMAS

2. NAIFAH PUTRI KARIZ SD IT MADANI ISLAMIC SCHOOL 
PAYAKUMBUH Sumatera Barat : Medali perak

3. NAURA AZZALYA HANDARU B. SD NEGERI 05 KOTO BESAR Sumatera Barat : Medali Perak

Untuk tingkat SMP :
1. Farand Yusuf Nugraha SMP IT INSAN CENDEKIA HARAU Sumatera Barat : Medali Perak 

2. Aulira Iffani Melfizka SMP - IT INSAN CENDEKIA PAYAKUMBUH Sumatera Barat : Medali Perunggu

Sedangkan untuk SMA/SMK :
1. MUHAMMAD QOLBY AL HAFIZ SMA IT INSAN CENDEKIA PAYAKUMBUH Sumatera Barat : Medali Perak

2. Muhammad Dzaki Musyaffa SMAN 10 Padang Sumatera Barat : Medali Emas

3. Armen Satria Halim SMA Negeri 3 Painan Sumatera Barat : Medali Perunggu

4. M.Rifqi SMAN 1 Gunung Talang Sumatera Barat : Medali Perak


Editor: -
Fotografer: -