Kakanwil Buka Manasik Hasi Sepanjang Tahun di Kabupaten Solok

Koto Baru,Humas - Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Helmi membuka manssik haji sepanjang tahun yang diselenggarakan oleh Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Kamis (24/8) di Islamic Center Koto Baru.

Selain Kakan Kemenag Kabupaten Solok beserta pejabat dan Kepala KUA serta Kepala Madrasah, kegiatan ini juga dihadiri oleh pimpinan cabang Bank Nagari Syariah Solok, Bank Muamalat dan Bank Syariah Mandiri.

Kakan Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan pengetahuan jemaah tentang syarat dan rukun haji serta proses yang akan dijalani nantinya.

"Nantinya jemaah juga dapat mengikuti kegiatan ini secara online melalui situs Kemenag maupun media sosial," ujar H. Zulkifli.

Kepada jemaah Kakan Kemenag juga berpesan selain persiapan ilmu, fisik salah hal utama yang perlu adalah finansial untuk peluncuran BIPIH nantinya.

Diakhir sambutannya, Kakan Kemenag berharap para jemaah menjadikan manasik ini sebagai ajang merajut silaturrhami.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat yang membuka kegiatan ini menyebutkan bahwa manasik pada intinya menyampaikan pada jemaah bahwa ibadah haji harus keikhlasan hati sebagai bentuk keimanan dan melaksanakan sebagai upaya meningkatkan ketaqwaan.

"Inti manasik berikutnya adalah mengetahui dan mempelajari perjalanan ke tanah suci sebagai proses melaksanakan ibadah haji lengkap dengan semua tahapan dan administrasinya," ujar H. Helmi.

Kepada jemaah Kakanwil juga menyampaikan bahwa manasik sepanjang tahun yang digelar oleh Kementerian Agama adalah sebuah upaya meningkatkan kualitas ibadah jemaah dalam mencapai haji mabrur, yang dibarengi dengan menyedian tenaga pembimbing manasik bersertifikat.

"Nanti pembimbing akan menjelaskan semua rukun dan syarat haji, termasuk ada tiga jenis haji dan tahapan melaksanakan rukun haji ini," ulas Kakanwil.

Diakhir sambutannya, Kakanwil menyampaikan bahw dalam manasik sepanjang tahun ini selian tentang pelaksanaan haji, jemaah juga akan diberikan bimbingan ibadah sehari-hari sebagai penguatan melaksanakan rukun Islam ke lima diantaranya penyempurnaan ibadah solat dan bacaan Al Qur'an.

Usai dibuka oleh Kakanwil Kemenag Sumbar, Manasik Haji Sepanjang Tahun di Kemenag Kabupaten Solok mengisi pertemuan pertama ini dengan menghadirkan narasumber Drs. H. Syahrul Wirda, MM yang juga mantan Kakanwil Kemenag Sumbar dan Kakanwil Kemenag Sumut. Fendi


Editor: -
Fotografer: -