Kakanwil Buka Rapat Kerja Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh

Payakumbuh,Humas--Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh menggelar Rapat Kerja tahun 2024 yang dilakasanakan di Hotel Mangkuto Payakumbuh,Jum'at (3/5/2024)

Dengan mengusung tema "Transformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045" Rapat Kerja dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H. Mahyudin yang didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H. Joben.

Kakanwil dalam sambutannya menyebut tujuan diadakannya Rapat Kerja Kementerian Agama adalah untuk mendorong transformasi birokrasi Kementerian Agama yang profesional,akuntabel dan transparan.

Beliau berharap Rapat Kerja Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh kali ini dapat dijadikan sebagai momentum menuju pelayanan Kementerian Agama  yang lebih baik,dan menjadi forum strategis untuk mengevaluasi sejumlah capaian kinerja tahun 2023 serta pengkajian kembali target Kemenag tahun 2024 berikut strategi pencapaiannya,ucapnya.

Juga disebutkannya bahwa perubahan tata kelola Kementerian Agama juga menjadi tugas penting yang harus diselesaikan.

"Digitalisasi semua layanan di Kementerian Agama menjadi pilihan Utama guna meningkatkan pelayanan publik dan tata kelola birokrasi yang lebih baik pada masa yang akan datang",sebutnya

Diakhir sambutannya H. Mahyudin berharap fokus pembahasan Rapat Kerja Kemenag Kota Payakumbuh hendaklah membahas  terkait Pakta Integritas yang telah sama-sama ditandatangani meliputi :

1. Menyiapkan satuan kerja Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM

2. Meningkatkan evisiensi dan efektivitas tata kelola manajemen (Tata Usaha,Perencanaan,Keuangan,Kepegawaian dan Barang Milik Negara

3. Mendorong percepatan dan penyelesaian izi pendirian rumah ibadah

4. Mendorong percepatan sertifikasi dan ruslah tanah wakaf

5. Mendukung implementasi penyelenggaraan jaminan produk halal dan gerakan nasional mandatori halal 2024

6. Mendukung implementasi budaya literasi numerasi peserta didik.

Sebelumnya Kakankemenag Kota Payakumbuh H. Joben menyampaikan bahwa Rapat Kerja tahun 2024 ini menjadi tempat untuk membahas isu-isu strategis yang menjadi tanggung jawab Kementerian Agama dalam meningkatkan kualitas kehidupan beragama,krukunan beragama,pendidikan agama dan keagamaan,pelayanan ibadah haji serta tata kelola pemerintahan yang bersih.

Pada kesempatan ini H. Joben mengajak seluruh aparatur di Kementerian Agama Kota Payakumbuh untuk dapat mengerahkan segala daya dan upaya  bersinergi dan bertekat dalam menjalankan tugasnya masing-masing,menjaga kekompakan dan kebersamaan dan bersinergi dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,pungkasnya.

Rapat Kerja  tahun 2024 Kementerian Agama Kota Payakumbuh dilaksanakan sehari penuh yang diikuti 50 orang peserta yang terdiri dari pejabat struktural dan fungsional  dilingkungan Kementerian Agama Kota Payakumbuh dengan menghadirkan narasumber Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat,Kakankemenag Kota Payakumbuh serta dari Bappeda Kota Payakumbuh.(Algeri)


Editor: -
Fotografer: Busra Algeri