Buka VRC Tingkat Nasional, Kakanwil Apresiasi Gebrakan MAN 1 Payakumbuh

Payakumbuh, Humas -- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Payakumbuh menggelar kegiatan Vocapay Robotik Competition (VRC) dan Madrasah Vocational Competition (MVC) untuk tahun 2022. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat H. Mahyudin, Rabu (31/1/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, Selasa-Rabu ( 30 s/d 31 Januari 2024, untuk VRC diikuti siswa MI/SD,MTs/SMP dan MA/SMA yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Riau, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan sedangkan kegiatan MVC diikuti siswa MTs dan SMP se Kota Payakumbuh dan Kab. Limapuluh Kota.

Hadir dalam pembukaan ini Pj. Walikota Payakumbuh H. Jasman, Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H. Jufrimal, beserta pejabat Struktural Kemenag Kota Payakumbuh, Kepala dinas Pendidikan Kota payakumbuh, Kepala KUA, Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, Ketua dan Pengurus Komite MAN 1 Payakumbuh serta Tokoh Masyarakat disekitaran MAN 1 Payakumbuh.

Vocapay Robotic Competition atau lomba robot yang digelar pertama kali ini mendapat apresiasi dan pujian dari Kakannwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat H. Mahyudin dan Pj. walikota Payakumbuh H. Jasman.

Diawal sambutannya Kakanwil sempat ragu dan tidak percaya apakah MAN 1 Payakumbuh sanggup untuk melaksankan iven berskala Nasional ini.

"Awalnya saya ragu diwaktu Kepala MAN 1 Payakumbuh datang kerumah dinas untuk menyampaikan rencana akan melaksanakan lomba robotik tingkat Nasional, apakah sanggup madrasah sekelas MAN 1 Payakumbuh untuk melaksanakan lomba tingkat Nasional, tetapi setelah berdiskusi lama dan dijelaskan sedetilnya oleh Kepala MAN 1 Payakumbuh termasuk prestasi yang telah diraih siswa MAN 1 Payakumbuh ditingkat Nasional dan Internasional juga termasuk juri yang akan menilai berasal dari Bandung baru saya yakin bahwa kegiatan ini akan bisa dilaksanakan dan setelah kita lihat dan perhatikan ternyata MAN 1 Payakumbuh sanggup untuk melaksanakannya," ujar Kakanwil. 

Kakanwil mengatakan lomba robotik ini merupakan sebuah iven yang sangat luar biasa dan Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat sangat mendukung kegiatan ini.

"Selaku Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Barat kita memberikan apresiasi yang luar biasa karena bisa melaksanakan iven besar seperti ini yang diikuti oleh siswa-siswa dari berbagai provinsi, semoga kegiatan dan inovasi yang luar biasa ini bisa diikuti oleh madrasah-madrasah kita yang lain di Sumatera Barat.Kanwil Kemenag Provinsi Sumatra Barat sangat mendukung kegiatan yang luar biasa ini," ulasnya.

Dikesempatan ini Kakanwil juga menyampikan bahwa madrasah pada sat ini telah menjadi lirikan utama bagi oarang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya.

"Dulu mememang madrasah dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat, tetapi sekarang ini madrasah sudang menjadi sekolah yang diperhitungkan karena sejalan dengan kondisi yang ada ditengah-tengah masyarakat kita dimana anak-anak kita diera milenial,diera digital saat ini cukup berat tantangan yang dihadapinya,oleh karena itu suatu upaya untuk menghadapi segala tantangan itu adalah dengan mendekatkan anak-anak kita dengan ajaran agama oleh karena itu madrasah menjadi lirikan orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya disamping mendapatkan ilmu juga hatinya diisi dengan keimanan," jelas Kakanwil.

Diakhir sambutannya Kakanwil juga meminta dukungan kepada Pemerintah Daerah Kota Payakumbuh dalam mendukung kemajuan madrasah yang ada, karena dengan adanya dukungan Pemerintah Daerah akan ikut membantu suksesnya madrasah-madrasah yang ada di Kota Payakumbuh.

Senada dengan Kakanwil, Pj. Walikota Payakumbuh H. Jasman juga sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksankan oleh MAN 1 Payakumbuh.

"Hari ini kita patut berbangga dengan MAN 1 Payakumbuh yang telah menginisiasi kegiatan Vocapay Robotik Competition Tingkat Nasional yang merupakan sebuah keberanian dan inovasi dari semua unsur yang ada di MAN 1 Payakumbuh dalam menggagas acara yang luar biasa ini," ujarnya.

Dijelaskannya "Pemerintah Kota Payakumbuh sangat mendukung ide-ide kreatif seperti ini dan kita patut berbangga pada saat ini orang berbondong-bondong memasukan anaknya ke  Madrasah karena madrasah mempunyai nilai plus dimana disamping otaknya diisi dengan ilmu pengetahuan hatinya juga diisi dengan keimanan" jelsa Jasman

Jasman berpesan agar seluruh siswa terus mengasah ilmu pengetahuan,mengasah keterampilan dan inovasi semoga orang-orang unggul akan berasal dari MAN 1 Payakumbuh.(Algeri)


Editor: -
Fotografer: Busra algeri