Kakanwil Kemenag Sumbar Hadiri Minangkabau Halal Festival 2023 di UNP

Padang (Humas)- Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Ketua Tim Umum Ahmad Muzami mengikuti pembukaan acara Minangkabau Halal Festival 2023 di Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Jumat (8/9/2023). 

Turut hadir di acara, antara lain Gubernur Sumbar, H Mahyeldi Ansharullah SP, beserta unsur Forkopimda,Kapolda Sumbar, Danrem 032/Wbr, para PJU TNI-Polri wilayah Sumbar, pimpinan BUMN/BUMD serta tamu dan undangan lainnya.

Ahmad Muzami yang hadir bersama dua orang JFU Netti Analis Protokol dan Yuni Rahayu sebagai JFU Pengawas Halal Sumatera Barat menyebut, kegiatan ini kali pertama diadakan diluar Pulau Jawa. Dengan kata lain perdana untuk wilayah Sumatera.

Menariknya, Minangkabau Halal Festival 2023, ajang festival produk halal tingkat nasional yang dikemas dengan konsep edukasi dan hiburan, serta pelayanan sertifikasi halal bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). 

"Sedikitnya terdapat 134 UMKM dari wilayah Sumatera Barat dan daerah luar yang ikut berpartisipasi dalam acara ini, "katanya.

Hal ini pun sangat diapresiasi Wapres RI, KH Ma’ruf Amin. Menurutnya makanan yang dikonsumsi masyarakat harus halal dan baik.

“Halal orientasinya akhirat, artinya kita hidup di dunia wajib halal makanannya. Kemudian makanan itu harus yang baik, seimbang gizinya, jadi orientasinya sehat di dunia. Hal ini sesuai dengan perintah Allah dalam Al-Qur’an, sehingga mudah mempertanggungjawabkannya di akhirat nanti ,” ujar Wapres RI.

Itulah mengapa Wapres RI mengimbau seluruh peserta yang hadir, untuk mensosialisasikan bagaimana mewujudkan hal itu ditengah masyarakat.

“Memasyarakatkan ekonomi syariah dan mensyariahkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Disamping itu, KH Ma’ruf Amin secara khusus mengapresiasi kearifan lokal Minang Kabau dengan slogan Adat badandi sarak' sarak basandi kitabullah yang dituangkan dalam UU nomor 17 tahun 2022.

“Sumbar bisa menjadi provinsi lokomotif industri Halal dunia. Tentunya dibarengi dengan kulinernya, lembaga keuangannya, perilaku masyarakatnya termasuk perilaku pemerintahnya,” tambah Wapres.

KH Ma’ruf Amin berharap Minangkabau Halal Festival 2023 ini bisa menjadi motivasi serta memacu semangat bagi provinsi lain di Tanah Air.

Terlebih lagi, Sumatra Barat telah meraih prestasi di panggung dunia, di antaranya sebagai operator wisata halal terbaik, destinasi halal terbaik, dan destinasi kuliner halal terbaik lanjut Wapres.

Usai dari Universitas Negeri Padang, Wapres RI melanjutkan acara ke Pangeran Beach Hotel Padang untuk menghadiri World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) 2023 High Level Dialogue.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan WIES 2023 yang dimulai dari tanggal 6 sampai dengan 9 September 2023 ini merupakan ajang kolaborasi pertama dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumatra Barat, dan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat bersama dengan para pengusaha muslim, insan pers dari berbagai media nasional.(vera)

 


Editor: -
Fotografer: -