Kakanwil Kemenag Sumbar Mahyudin Hadiri Rakernas Kemenag RI 2024

Padang (Humas)- Kakanwil Kemenag Sumbar H Mahyudin mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024 Kemenag yang diselenggarakan di Semarang, Jateng pada 5-7 Februari 2024. Forum tersebut mengangkat tema Transformasi Kemenag Menuju Indonesia Emas 2045.

Tema tersebut merupakan komitmen nyata bagi Kemenag untuk terus berinovasi dan bertransformasi demi mewujudkan cita-cita besar bangsa menuju Indonesia emas 2045 mendatang, sebut Kakanwil mengulang pernyataan Sekjen Kemenag RI dalam laporannya.

Kakanwil sepakat, dalam melaksanakan transformasi untuk menghadapi tantangan kedepan, Kemenag tidak hanya sekedar melakukan perubahan struktural atau prosedural semtaa.

Namun harus mencakup pembaharuan dalam pola pikir, budaya kerja serta penggunaan teknologi informasi. Hal itu berguna memperkuat kapasitas dan efektifitas Kemenag dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Seementara itu Sekjen Kemenag RI Prof Nizar Ali menyampaikan, rakernas tahun ini sebagai pertemuan untuk mengevaluasi capaian kinerja pada 2023 serta target program pada 2024. Nilai penting lainnya ialah sebagai instrumen cooling down setelah pemilu.

“Pada kesempatan ini, kita juga akan merumuskan sejumlah langkah strategis untuk dikerjakan pada 2024. Sekaligus langkah dalam rangka menguatkan rajutan kerukunan umat pascapemilu 2024,” jelasnya.

Menurut Sekjen, Rakernas 2024 merupakan forum sangat strategis bagi Kemenag untuk bertransformasi. Pertama, tahun ini merupakan tahap akhir dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Kedua, pada saat yang bersamaan, RPJMN 2020-2024 juga merupakan tahapan terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025. 

“RPJMN 2020-2024 akan memengaruhi pencapaian target pembangunan dalam RPJPN. Kita mencitakan Indonesia dengan tingkat kesejahteraan setara dengan negara-negara berpenghasilan menengah atas yang memiliki kondisi infrastruktur, kualitas sumber daya manusia (SDM), layanan publik serta kesejahteraan rakyat yang lebih baik,” ujar Nizar.

Ia menjelaskan, Kemenag turut berperan menghasilkan pembangunan bidang agama dan SDM keagamaan. Peningkatan SDM melalui pendidikan agama dan keagamaan saat ini dirasa mulai hasilnya. Yakni dengan kualitas lembaga pendidikan binaan Kemenag yang semakin maju dan kompetitif. Bahkan menjadi pilihan utama masyarakat. Hal ini mengindikasikan kepercayaan publik yang kian meningkat pula.

Kemenag banyak meraih prestasi dan apresiasi sepanjang 2023. Namun, hal itu tidak menutup mata untuk terus mengidentifikasi sejumlah kelemahan, termasuk mitigasi risiko dalam pelaksanaan program 2024. Melalui forum ini, akan diulas berbagai strategi pelaksanaan program Kemenag 2024 yang lebih baik dan bermanfaat.

Dibuka Menag Yaqut Cholil Qoumas, forum rapat tertinggi Kemenag ini diikuti para pejabat Eselon I dan II, Kanwil Kemenag Provinsi, PTKIN.

Kegiatan tersebut turut mengundang sejumlah jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju sebagai narasumber. Di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PPN/Kepala BAPPENAS Suharso Monoarfa, hingga Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas. Perwakilan Sekretariat Negara dan Ketua PBNU turut diundang sebagai narasumber.(vera)


Editor: -
Fotografer: -