Kakanwil: Melalui AKMI, Diagnosis Literasi membaca, Numerasi, Sains dan Sosial Budaya Siswa

Padang, Humas -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat diwakili Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Hendri Pani Dias didampingi Ketua Tim Kurikulum H. Afrizal membuka dan memberi arahan acara Sosialisasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Kamis 31/08/23 di Hotel Rocky Padang.

Diikuti 38 peserta, terdiri dari Kepala Seksi Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam Kementerian Agama Kabupaten/Kota sebagai Koordinator Komponen 2 dan Database Manajer (DM) AKMI Kabupaten/Kota se Sumatera Barat. 

Kakanwil dalam arahan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Sosialisasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang terlaksana atas kerjasama Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam, Bank Dunia, LSP/EO dan Panitia dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, sebabagai bagian dari proyek Bank Dunia yang bernama Realizing Education's Promise-Madrasah Education Reform (REP-MQR). 

Menurut Hendri “AKMI dirancang sebagai instrumen penilaian untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi perbaikan sistem pembelajaran di madrasah, mulai dari tingkat madrasah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional”.


“tujuan AKMI  untuk mengukur kompetensi siswa madrasah pada Literasi membaca, Numerasi, Sains dan Sosial Budaya sebagai data diagnostik untuk tindaklanjut perbaikan pembelajaran di madrasah”


“diharapkan, AKMI dijadikan referensi akademik dalam mendiagnosa dan mengintervensi proses pembelajaran, penyusunan atau perbaikan buku ajar, maupun intervensi kebijakan lainnya, termasuk kebijakan moderasi beragama”


Lebih lanjut kata Hendri, bahawa “Pada tahun 2022 yang lalu, ada 90 lembaga dan 6.322 siswa madrasah dari Sumatera Barat yang mengikuti AKMI, dengan tingkat partisipasi 100% dan dilaksanakan dengan balik dan lancar, kami berharap penyelenggaraan AKMI tahun 2023, dikawal dengan baik sehingga  sesuai harapan” harapnya.

Menurut Afrizal Ketua Tim Kurikulum, “Sosialisasi AKMI tingkat Provinsi ini, sebagai tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi AKMI Tingkat Nasional Pada tanggal 7 s.d 9 Agustus 2023 yang lalu di Hotel Swiss Bell Serpong”

“Selama dua hari ini, Ada beberapa materi, yakni AKMI dan Perbaikan Kualitas Pembelajaran di Madrasah, Verifikasi data madrasah oleh Admin dan DM Kankemenag Kab/Kota, Strategi Pelaksanaan AKMI tahun 2023, Pelaksanaan Pelatihan Tindak Lanjut Hasil AKMI tahun 2023 dan Rencana tindak Lanjut” tambah Afrizal. (egn) 


Editor: -
Fotografer: -