Kakanwil Resmikan Masjid Jabal Nur MAN 1 Solok Plus Keterampilan

Koto Baru, Humas - Rabu (24/4) menjadi sejarah bagi MAN 1 Solok Plus Keterampilan, tiga gedung baru diresmikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Dr. H. Mahyudin, MA.

Ketiga gedung tersebut adalah Masjid Jabal Nur, yang berdiri megah diatas bukit, Gedung Ali Bin Abi Thalib dan Kantin Asrama Syukron Katsiro yang pembangunannya didukung oleh Komite Madrasah.

Uniknya, Masjid Jabal Nur, pembangunannya ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kepala Kanwil Kemenag Propinsi Sumbar H. Helmi pada 29 November 2021 lalu atau tak lama setelah mantan Kakan Kemenag Kabupaten Solok ini menjabat Kakanwil kemenag Sumbar. Kini setelah dua tahun lebih pembangunannya Masjid ini diresmikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumbar saat ini Dr. H. Mahyudin, MA.

Peresmian Masjid dan dua gedung lainnya di komplek MAN 1 Solok Plus Keterampilan yang terletak di Guguak Panjang jorong Bawah Duku nagari Koto Baru ini dilakukan oleh Kakanwil H. Mahyudin didampingi Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar Ny.Rosnimar Yudin dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli beserta Ketua DWP Kantor Kemenag Kabupaten Solok Ny. Yessi, para pejabat dilingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Solok serta tenaga pendidik dan kependidikan MAN 1 Solok PLus Keterampilan.

Kepala MAN 1 Solok Plus Keterampailan, Drs. Syukrial, MM menyampaikan bahwa inspirasi pembangunan masjid ini karena tidak muatnya daya tampung bangunan masjid lama dengan jumlah siswa saat ini. Selain untuk ibadah, masjid Jabal Nur juga digunakan untuk praktek inbadah dan mengasah ilmu agama para siswa.

"Dana untuk pembangunan masjid ini selaian dari sumbangan warga madrasah juga ada donatur dan masyarakat," sebut Syukrizal.

Sedangkan untuk gedung Ali Bin Abi Thalib dan Kantin Asrama pembangunannya didukung oleh Komite MAdrasah dengan harapan semakin lengkapnya fasilitas yang dimiliki oleh MAN 1 Solok Plus Keterampilan ini akan meningkatkan semangat belajar siswa.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Mahyudin mengparesiasi pembangunan dan fasilitas yang dimiliki oleh MAN 1 Solok Plus Keterampilan dalam mendidik siswa menuju insan yang b eriman, berilmu dan mengusai teknologi.

Kakanwil juga berpesan dengan bertambahnya fasilitas yang dimiliki semkain meningkatkan semangat warga madrasah  dalam mewujudkan madrasah hebat bermartabat dan madrasah mandiri berprestasi.

Peresmian ketiga gedung ini ditandai dengan penandatangan prasasti oleh kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Mahyudin yang didampingi Kakan Kemenag Kabupaten Solok H, Zulkifli dan Kepala MAN 1 Solok Plus Keterampilan Drs. Syukrizal, MM. Fendi


Editor: Fendi
Fotografer: Fendi