Kantongi Izin Operasional dan Diresmikan Gubernur, Ini Harapan Kakankemeng Untuk MTs Surau Qur'an Boarding School

Batusangkar-Humas Info : Setelah kantongi izin operasional Madrasah dari Kementerian Agama (Kemenag), MTs Surau Qur'an Boarding School, Simpuruik Kecamatan Sungai Tarab hari ini diresmikan oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Asisten II Setdaprov Arry Yuswandi, Rabu (18/9). Dari jajaran Kemenag, hadir pada peresmian tersebut Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumatera Barat yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Penmad) H. Hendri Pani Dias, Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Tanah Datar H. Amril, Kepala Seksi Penmad Bahrul Fahmi serta beberapa Kepala Madrasah.

Pada sambutannya, Bupati Tanah Datar Eka Putra mengucapkan selamat dan turut berbahagia dengan lahirnya MTs Surau Qur'an. "Kita patut berbangga dan program yang ditawarkan MTs Surau Qur'an ini, terlebih ada pengajar lulusan luar negeri," ujar Eka Putra. Bupati juga menyampaikan bahwa ini merupakan bentuk sinergi dengan program Pemerintah Daerah yaitu 1 rumah 1 tahfiz. "Kami mengajak masyarakat Tanah Datar, mari sekolahkan anak-anak kita disini daripada ke Pesantren lain di luar Sumatera. Kami percaya kualitasnya dapat bersaing," tambah Eka Putra.

Kabid Penmad H. Hendri Pani Dias dalam sambutannya menceritakan perihal izin operasional Madrasah dibawah naungan Yayasan Rahmah Jannatul Wahab ini. Menurutnya, izin operasional dikeluarkan setelah melihat visi, misi serta program yang jelas. Ia juga menjelaskan adanya MTs ini turut menjawab tingginya peminat Madrasah hingga beberapa menolak siswa, ini karena jumlah jam pelajaran agama serta integrasi sains dengan agama menarik masyarakat. "Adanya KMA nomor 450 tahun 2024, bahwa di Madrasah ada mata pelajaran pilihan.
Pola saat ini tidak memaksa siswa menguasai seluruh pelajaran. Kuatkan pendidikan berbasis spesifik, seperti di Sains, Keterampilan, bilingual atau teknologi. Mudah-mudahan MTs Surau Qur'an memberikan pendidikan berkualitas bagi generasi muda di Tanah Datar" ujar H. Hendri Pani Dias.

Sementara sebelum meresmikan, Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Asisten II menyampaikan selamat serta berharap Madrasah ini mencetak kader-kader pemimpin dimasa depan. "Bahwa kemajuan Madrasah ini kedepannya merupakan wujud kesungguhan, baik santri, guru dan yayasan. Mudah-mudahan menjadi role model di Tanah Datar Dan Sumbar," tutup Arry Yuswandi.

Turut memberi harapan pada peresmian MTs Surau Qur'an, Kakankemenag Tanah Datar H. Amril berharap adanya peningkatan kualitas pendidikan agama, peningkatan akses pendidikan, kerjasama dengan Pemerintah serta banyak berkontribusi terhadap masyarakat. Ia juga menyampaikan harapan khusus untuk Madrasah yang baru didirikan di tahun 2024 ini. "Agar fokus pada pengembangan potensi siswa, menjadi pusat pengembangan pendidikan agama serta menghasilkan lulusan yang kompeten dan berakhlak mulia," ujar H. Amril. 

Setelah acara peresmian, Kabid Penmad dan Kakankemenag turut meninjau bangunan dan lingkungan sekitar Madrasah ini bersama rombongan lainnya. Turut hadir pada peresmian tersebut Wakil Bupati Tanah Datar, Ketua dan Pembina Yayasan Rahmah Jannatul Wahab beserta civitas akademik, Pemilik Yayasan Baiturrahmah, Rektor Universitas Baiturrahmah, Rektor UIN Mahmud Yunus, Rektor UIN Imam Bonjol, Forkopim, Pimpinan BUMD, Camat, Wali Nagari dan tamu undangan lainnya (AP/UH) 


Editor: Anggi
Fotografer: Anggi